Post Top Ad

Sabtu, 02 November 2019

Kawah Burung, The Hidden Crater in Pangalengan

kawah burung pangalengan
Foto by Fariz


Sekian lamanya traveling ke Pangalengan akhirnya di tahun ini saya menyempatkan diri untuk melihat Kawah Burung. Kawah Burung ini memang tidak seterkenal seperti Kawah Putih di Ciwidey dan Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Parahu. Lokasinya yang jauh dari Kota Bandung juga dan mengharus berjalan di lereng Gunung Windu yang berada di daerah Cibolang. Gunung Windu inilah yang menjadi salah satu sumber mata air panas yang mengalir ke Wisata Pemandian Air Panas Cibolang. Nah, karena lokasi Cibolang ke Kawah Burung tidak jauh maka kali ini harus menyempatkan diri untuk melihat bagaimana dan seperti apa Kawah Burung itu.


kawah burung pangalengan
Foto by Fariz

Awalnya mengira bahwa Kawah Burung bentuknya seperti kawah pada umumnya yang membuat cekungan akibat erupsi gunung. Namun ada yang berbeda dari Kawah Burung yaitu karakteristiknya yang seperti tebing namun dipenuhi dengan belerang dan asap dari pusat kawah yang menandakan kalau kawah ini masih aktif. Karena rapuh sekali akibat kontur tanah bercampur belerang saat berada di Kawah Burung harus memperhatikan keselamatan.

kawah burung pangalengan
Foto by Fariz

Kawah Burung ini benar-benar seperti terisolasi oleh hutan dan mengharuskan kita untuk benar-benar masuk ke dalam hutan. Namun untungnya sudah ada jalan-jalan setapak walaupun terkadang jalan itu tertutup oleh akar pohon dan batang pohon yang tumbang menutupi jalan setapak. Untungnya perjalanan menuju Kawah Burung dilakukan saat musim kemarau sehingga akan lebih mudah untuk menuju kawah tersebut karena tidak licin dan berlumpur. Selain itu pemandangan dari atas kawah pun terbilang sangat indah karena kita bisa melihat pemandangan di sekitar Cibolang yang dipenuhi dengan perkebunan teh.

Foto by Fariz

Cara ke Kawah Burung sebenarnya tidak sulit, dari pusat Kota Pangalengan dari arah Bandung ada pertigaan yang mengarah ke Situ Cileunca dan Cibolang. Nah ambilah jalur menuju ke Cibolang. Ikuti jalan sampai menuju ke Cibolang Hot Spring, karena satu-satunya jalan terdekat untuk menuju Kawah Burung adalah dengan memasuki area pemandian air panas Cibolang. Mungkin akan lebih baik kalau ke Kawah Burung ini sekalian untuk mencoba hangatnya air panas di Cibolang, karena sayang sekali jika hanya untuk menuju Kawah Burung saja. Dari lokasi wisata Cibolang kamu perlu mendaki kaki gunung untuk bisa sampai ke Kawah Burung. Jaraknya tidak begitu jauh sekitar 750 meter dari lokasi wisata dengan waktu tempuh mendaki sekitar kurang lebih 30 menit maka kamu sudah bisa sampai di Kawah Burung. Masih banyak hidden treasure yang mungkin belum terjamah manusia di sekitaran Pangalengan salah satunya Kawah Burung ini. Memang Pangalengan ini salah satu lokasi yang sangat indah di selatan Bandung.


Masih banyak hidden treasure yang mungkin belum terjamah manusia di sekitaran Pangalengan salah satunya Kawah Burung ini. Memang Pangalengan ini salah satu lokasi yang sangat indah di selatan Bandung.

Tips ke Kawah Burung

1. Ambilah perjalanan menuju Cibolang Hot Spring dan masuk ke area parkir wisata. Saya rasa untuk ke kawah tersebut akan lebih baik jika sambil mengunjungi area pemandian air panasnya.

2. Pakailah pakaian yang membuat gerak lebih leluasa. Karena pendakian menuju kawah ini cukup banyak melewati daerah yang curam.

3. Tidak perlu terburu-buru karena perjalanan selama pendakian sangat indah.

4. Perhatikan langkah supaya tidak tersandung akar pohon.

5. Siapkan tenaga sebelum menuju kawah.

2 komentar:

  1. Asik menemukan tempat wisata baru atau tempat-tempat yang belum banyak dieksplore orang.. sesusah apapun perjalanannya tetep worthed untuk dijalani..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih enaknya kalau ke Kawah Burung,setelah lelah hiking bisa langsung berendam di pemandian air panas Cibolang. Karena untuk masuk ke Kawah Burung otomatis masuk ke area pemandiannya....

      Hapus