Post Top Ad

Rabu, 16 Oktober 2019

Sensasi Naik Kereta Api di Gerbong Paling Terakhir itu Seru !

kereta api
Kereta api Pangandaran di Stasiun Tasikmalaya

Traveling menggunakan transportasi kereta api memang selalu jadi andalan saya selama ini. Praktis, tidak perlu cape karena berkendara, tinggal duduk dan menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Nah, ada satu kebiasaan yang mungkin sering saya lakukan ketika menggunakan kereta api yaitu memesan tiket di kereta paling belakang. Bicara soal kereta dan gerbong sebenarnya saya mengetahui perbedaan antara "kereta" dan "gerbong" secara teknis kereta itu didefinisikan sebagai ruang khusus penumpang di sebuah rangkaian kereta api, sementara gerbong digunakan untuk barang. Tapi saya mengambil istilah yang mungkin ada pada KBBI dan umum didengar di masyarakat yaitu gerbong hehe.

Kalau sedang booking tiket kereta apalagi sekarang tempat duduknya bisa dipilih sendiri jadi saya selalu memilih untuk booking kursi di gerbong paling belakang baik itu perjalanan siang atau malam. Mungkin ada beberapa orang yang "nggak mau" duduk di kereta paling belakang apalagi kalau perjalanan malam udah gitu sepi lagi. Ah sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti sih atau mungkin sudah biasa yak ? hahaha. Alasannya sih banyak kalau disebutkan mengapa saya sering memilih gerbong paling belakang, yaitu karena memang ketersediaan kursinya masih banyak dan yang paling asik itu bisa melihat pemandangan dari belakang. Dari dulu memang hobinya back riding kalau istilah yang digunakan railfans seperti saya ini hehehe.

Ada zamannya dulu paling menghindari back riding ketika kereta api dulunya masih menggunakan aling-aling atau disebut gerbong tambahan yang gunanya untuk menghindari kecelakaan seperti tabrakan di belakang atau anjlokan. Namun sekarang kebijakan penggunaan aling-aling sekarang sudah dicabut lagi dan akhirnya sekarang bisa back riding lagi yeeee!

Ada enaknya dan ada ga enaknya juga memilih gerbong di paling belakang. Enaknya adalah bisa lihat pemandangan rel yang kalau direkam bisa jadi konten menarik dan kalau sedang kosong penumpang rasanya damai banget apalagi waktu itu pernah saya naik kereta api Pangandaran dari Tasikmalaya dan duduk di kereta paling belakang dan seketika terkejut selama perjalanan itu satu gerbong belakang hanya saya seorang! oh jelas ini merdeka sekali hahaha. Ga enaknya kalau sudah tiba di tujuan mau turun ke peron saya harus berjalan dulu ke tengah karena tidak dapat peron dan agak jauh untuk menuju pintu keluar kalau misalnya pintu keluar itu ada di posisi gerbong paling depan. Walaupun sebenarnya ada ga enaknya tapi saya pikir bukan masalah karena selama masih punya kaki untuk melangkah kenapa tidak ? :D

Selain itu pemandangan dari belakang kereta akan tampak lebih seru, saya bisa menikmati pemandangan saat kereta api sedang berbelok. Hmm untuk pemburu konten footage seperti saya ini hal itulah yang bisa jadi sebuah konten nantinya. Selain itu pemandangan rel dari belakang akan lebih jelas terlihat dan seru sekali selama perjalanannya itu. Entah menurut orang sepertinya biasa saja tapi bagi saya ada sensasi tersendiri ketika naik kereta api di gerbong paling belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar