Post Top Ad

Selasa, 08 Oktober 2019

Pagi Berkabut dari Tebing Keraton, Bandung

pemandangan dari tebing keraton

Pemandangan alam di Bandung itu memang selalu menjadi favorit pengunjung setiap kali berkunjung ke Bandung. Walaupun saya tinggal di kota yang tidak jauh dari Bandung yaitu Cimahi namun kali ini saya ingin mencoba menjadi turis di kota sendiri hehe. Setelah berbagai wacana saya pikirkan akhirnya tibalah untuk merealisasikannya, dari dulu memang saya ingin coba mengunjungi Tebing Keraton di Bandung dan melihat suasana pagi hari berkabut di atasnya. Katanya pemandangan disana saat pagi hari sangat indah dan menyegarkan tentunya.

Kali ini saya tidak berangkat dari rumah, untungnya ada kesempatan untuk menginap di salah satu hotel terdekat karena berhubung saat itu sedang ada promo EPIC! jadilah saya mencari hotel yang sekiranya dekat dengan Tebing Keraton karena kalau dari rumah entah jam berapa saya harus memulai perjalanan menuju Tebing Keraton.

Suasana masih tampak sepi pagi itu di tengah kota. Karena mataharinya terbit pukul 05:30 jadi jika berangkat dari hotel jam 04:30 perkiraan saya bakal sampai tepat sebelum waktu sunrise dimulai. Jadi waktu tempuh yang dibutuhkan dari hotel menuju Tebing Keraton tidak terlalu lama sekitar kurang lebih 20 menit dari Dago tempat saya memulai perjalanan. Perhitungan waktu ini saya pikir akan sangat penting sebab ketika sampai disana tidak akan kepagian dan tidak akan kesiangan dan enaknya tidak perlu tunggu berlama-lama.

Saya berpikir kalau saya bakal jadi orang pertama yang sampai disana. Namun ekspektasi saya ternyata meleset, ternyata lokasi Tebing Keraton ini sangat terkenal dengan lokasi yang pas untuk menikmati sunrise loh! dan justru pagi itu sudah banyak kerumunan orang yang menunggu sunrise tiba hmm padahal matahari tidak tampak sekali malahan tertutup bukit. Tapi walaupun begitu ternyata pengunjung lebih mencari suasana pagi dengan latar belakang gunung yang berselimut kabut pagi.

pemandangan dari tebing keraton

Ini nih yang paling sulit kalau misalkan saya kesiangan, di tepi tebing sudah banyak pengunjung dan orang-orang yang ramai berselfie. Jadi telat sedikit maka saya tidak akan mendapatkan momen apapun disini yang dapat hanyalah segerombolan orang-orang. Memang salah satu yang enak buat menikmati seluruh pemandangan dari atas Tebing Keraton ini saat berdiri di balkon tepat berada di ujung tebing ini. Pemandangan pegunungan akan terlihat sangat jelas apalagi kalau dinikmati saat pagi hari.

Suasana pagi pun akan semakin ramai karena memang Tebing Keraton ini menjadi objek wisata sunrise point di Bandung. Jadi tidak heran kalau orang begerombol memenuhi balkon Tebing Keraton seperti foto di bawah ini.

Terkadang untuk menhindari keramaian saya mencoba berdiri di atas menara pantau di Tebing Keraton ini. Untungnya menara ini masih sepi jadi saya bisa melihat pemandangan yang jauh lebih tinggi. Namun sayangnya beberapa posisi terhalang oleh pohon tinggi sehingga membatasi semua view di sekelilingnya.

pemandangan dari tebing keraton

Seperti yang kita tau kalau lokasi Tebing Keraton ini merupakan area Sesar Lembang atau Lembang Fault yang panjangnya bisa sampai ke Gunung Manglayang di Bandung Timur. Lokasi inilah yang selalu dipantau oleh BPBD atau Badang Penanggulangan Bencana Daerah sebagai lokasi rawan bencana. Sebab Sesar Lembang ini masih sangat aktif dan suatu saat bisa saja tanahnya bergerak yang menimbulkan bencana Longsor atau Gempa Bumi akibat dari pergerakkan tanah tersebut.

Tips ke Tebing Keraton

Sekarang ke Tebing Keraton sudah banyak cara yang bisa digunakan. Kamu bisa menggunakan ojek online untuk bisa sampai ke dekat pintu gerbang, tapi kalau menggunakan mobil sayangnya lokasi parkirnya sangat jauh dari pintu masuk Tebing Keraton jadi akan lebih praktis jika menggunakan sepeda motor. Tidak perlu khawatir kesasar saat menuju Tebing Keraton karena lokasinya sudah tertera di Google Maps dan bisa langsung mengikuti jalur sesuai direction awal yang kamu pilih.

4 komentar:

1. Kalau melihat petanya kok aku curiga Tebing Keraton ini sama dengan BUkit Batu Patahan Lembang, betul mas? Soalnya dulu itu aku dari THR Juanda mampir ke air terjun Omas Maribaya.. dari situ deket. Tapi dulu bukit batu biasa belum ada penataan sama jalannya masih jelek banget. Bener gak ini? https://awalnya.blogspot.com/2013/06/taman-hutan-raya-juanda.html

BalasHapus
  2. Memang betul mas Tebing Keraton ini masih di area patahan Lembang. Dulu sama sekali ga ada penataan apapun dan masih sangat natural hanya sebuah tebing saja. Tapi karena semakin terkenal karena indahnya jadilah tempat wisata dan penataannya pun sudah banyak berkembang dan jalannan pun sudah bagus.

Oh Gunung Batu itu ? ya kemarin saya sempat kesana dan itu memang area patahan Lembang juga. Sayangnya kalau Gunung Batu itu bukan tempat wisata jadi agak susah buat kesana dan kalau bawa kendaraan harus pandai titip ke rumah terdekat ehehehe

3. Mas klo bisa fotonya dibanyakin lagi dong, penasaran juga mau liat pemandangan tebing keraton :)

BalasHapus
    Balasan
    1. Ok nanti saya tambahkan... terima kasih sarannya ya :)