Post Top Ad

Minggu, 20 Oktober 2019

Berakhir pekan di Situ Gede, Alternatif Wisata dekat Kota Tasikmalaya


Tasikmalaya adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang juga memiliki banyak keindahan dan wisata alamnya yang salah satunya adalah Situ Gede. Situ Gede ini merupakan salah satu danau buatan yang berada dekat dengan Kota Tasikmalaya dengan luas sekitar 47 hektar dengan kedalaman air sekitar 6 meter. Sesuai dengan namanya yang mewakilinya yaitu "Gede" danau ini memang terbilang cukup luas bahkan kalau dilihat sekilas seperti lautan yang terdapat pulau di seberangnya. Tidak terlalu jauh juga jaraknya maka dari saya memutuskan untuk jalan-jalan santai di akhir pekan dengan tujuan menghilangkan penat setelah 5 hari bekerja dan memandang komputer selama itu #butuhpiknik.



Situ Gede pun sendiri memiliki peranan penting bagi masyarakat Kota Tasikmalaya yaitu sebagai sumber air untuk mengairi lahan pertanian masyarakat sekitar danau. Selain peran penting tersebut, Situ Gede pun merupakan lokasi wisata rekreasi loh, kamu bahkan bisa menikmati danau ini sambil menaiki perahu. Kalau bertanya apa daya tarik wisata Situ Gede ? jawabannya adalah pulau kecil yang terdapat di tengah danau ini. Berarti tidak heran kalau danau ini dinamakan Situ Gede karena sebuah pulau kecil pun ada di tengahnya yang berarti luas danau ini tidak diragukan lagi.



Bisa dibilang Situ Gede  pas untuk rekreasi keluarga yang tidak jauh dari hiruk pikuknya keramaian Kota Tasikmalaya. Awalnya saya menyangka untuk ke Situ Gede dari Kota Tasikmalaya itu sangat jauh, namun ternyata sangat dekat bahkan tidak sampai 15 menit dengan situasi lalu lintas yang lancar. Tidak sulit untuk menuju Situ Gede ini bahkan bisa dikatakan sangat mudah dan tidak perlu mendaki gunung melewati lembah #nyanyi... bahkan masih bisa dijangkau oleh transportasi lokal maupun online. Untuk mapsnya kamu bisa lihat di bawah ini yah.

Lokasi Situ Gede



Jalan-jalan disini memang terasa enak dan pemandangannya pun bagus. Namun sayangnya ada yang perlu dibenahi, terlebih soal kebersihan. Dimana-mana saya melihat sampah well memang sebelum kemari saya melihat banyak review yang mengeluhkan soal sampah. Seandainya kebersihan disini terjaga mungkin akan lebih cantik lagi pemandangannya.



Tentang pulau kecil di tengah-tengah danau ini. Saya juga penasaran sebenarnya di pulau itu apakah hanya hutan atau ada yang menghuni ya ? duh sayangnya waktu itu sangat singkat di Tasikmalaya maklum traveling pulang pergi jadi waktu pun sangat mepet sehingga tidak banyak yang saya eksplor di lokasi danau ini. Soal fasilitas saya pikir tidak perlu khawatir lagi, sebab kalau memang rekomendasi untuk wisata keluarga  pastinya disini sudah banyak fasilitas di dalamnya sepert toilet atau pun tempat makan bahkan wahana perahu.


2 komentar:

  1. Danau yang ukurannya gede gini paling enak didatangi pagi-pagi buta, pasti seger dan dapet pemandangan yang airnya lagi bening kayak kaca.. duh asyik banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya seru kayanya pagi-pagi disini. Tapi saya belum sempat ke Tasikmalaya pas sampai pagi huhuhu.... next time mau coba lagi kesini hehehe

      Hapus