Post Top Ad

Saturday, September 21, 2019

Tenggelam dalam Suasana Pulau Tangkil di Lampung !

Pulau Tangkil, Lampung


Setelah sekian lama menanti dan menyusun rencana tibalah saatnya saya menginjakan kaki di Pulau Sumatera. Tujuan pertama adalah Lampung. Katanya disana banyak sekali tempat-tempat yang sangat indah dan tidak jauh dengan keindahan di Indonesia bagian timur. Walaupun perjalanan ini sangatlah singkat namun kurasa sudah cukup untuk menikmati pesona Lampung yang kaya akan pemandangan bahkan hingga mengingatkan saya dengan indahnya pantai berpasir putih di Lombok

Sesampainya di Lampung saya langsung berencana untuk ke Pantai Mutun. Pantai ini benar-benar sangat indah dan enaknya lagi cukup dekat dengan Bandar Lampung. Karakteristik pantai ini bisa dibilang mengingatkan saya saat ke Lombok tahun lalu. Lautnya yang berwarna biru, pasirnya yang putih dan ombaknya yang bersahabat sehingga bisa berenang sepuasnya di pantai ini. Namun sayangnya rencana tidak sesuai ekspektasi, ternyata ada pulau di seberang Pantai Mutun yang jauh lebih indah jika kita bisa menyeberanginya namanya Pulau Tangkil. Pulau Tangkil ini memang benar-benar pulau yang sangat indah, bahkan ketika menginjakkan kaki untuk pertama kalinya saya terkagum dengan keindahannya yang mirip dan membawa saya pada kenangan saat di Lombok. Ah sungguh keren!!

pulau tangkil

Hayo, buat kamu yang beach lover pastinya Lampung boleh dong dijadikan sebagai destinasi untuk mantai! Lampung tidak kalah indah pemandangannya dengan Pulau Bali dan Lombok loh. Saya pun sendiri menghabiskan waktu berjam-jam untuk menikmati keindahan pulau di seberang Pantai Mutun ini. 

Sebelumnya saat memasuki area Pantai Mutun ini akan dikenakan biaya sekitar 10-20ribu per orangnya. Kalau ingin ke Pulau Tangkil kamu pun bisa menggunakan jasa perahu yang perorangnya sekitar 50ribu untuk perjalanan pulang pergi dari dan ke Pulau Tangkil. Selain itu di Pulau Tangkil kamu bisa saja mencoba Snorkeling, Jetsky, Kano Flaying Fish atau bahkan Parasailing. Wow! atraksinya memang banyak di pulau ini. Namun sayangnya karena waktu saya tidak banyak jadi tidak bisa menikmati berbagai atraksi di pulau ini walaupun sebenarnya ingin sekali mencoba snorkeling di pantai ini. Siapa yang tidak mau snorkeling dengan laut biru dan pasir putih disini ? ah sayang sekali mungkin next time saya harus coba ketika liburnya panjang (berharap sih ga begitu ramai) hehehe.

Memandangi lautan yang biru dengan pemandangan hijaunya bebukitan dan menginjak pasir putih ini membuat saya tenggelam dalam suasana pantai. Bahkan pernah saya menyanyikan lagu dari penyanyi favorit saya Monita Tahalea dengan lagunya yang berjudul Memulai Kembali dan ah! seketika saya sudah membayangkan kalau perjalanan ini berkesan sekali walaupun hanya dalam waktu sempit. Tetapi sesempit-sempitnya waktu tetap harus memanfaatkan setiap detik di pantai ini, ya! harus dinikmati!! 


Ada cerita yang belum saya ceritakan. Ini saat menyeberang dari Pantai Mutun ke Pulau Tangkil. Dari pantai lautan terlihat sangat tenang karena ombaknya tidak seperti di pantai selatan Pulau Jawa yang dengan kencangnya menghantam bibir pantai. Memang di letak Pantai Mutun ini berada di sebuah teluk jadi tidak berhadapan langsung dengan Samudera. Lantas saya tenang saja saat mulai menyeberang dan menuju Pulau Tangkil. Namun ketika sudah berada di tengah-tengah gelombang terasa sangat kencang dan perahu yang saya naiki pun seperti terombang-ambing. Duh ! bawa barang yang isinya laptop kantor jelas bikin jantung saya deg-degan "bagaiman kalau perahu ini terbalik" ah saya sudah mikir kemana-mana karena takutnya. Well! walaupun bisa berenang tapi tetap saja yang dipikirkan adalah isi dari barang bawaan hmm.. Ini kali pertamanya saya bawa barang berharga ketika traveling seperti ini. Untungnya tidak apa-apa sampai kembali ke Pantai Mutun lagi, oh syukurlah detik-detik yang mendebarkan. Tapi semuanya terbayar dengan segala keindahan Pulau Tangkil, percayalah ! 


Lokasi : 
Pulau Tangkil, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran Regency, Lampung, Indonesia

3 comments:

  1. Bisa gak menginap di Pulau Tangkil? Enak nih kalau pantai bagus begini dibuat nginap bisa dapet momen matahari terbit/terbenam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menginap disini dan bisa sewa tenda beralaskan matras yang disediakan pengelola disini hehe jadi enak seperti camping di pantai

      Delete
    2. Wah enak ya sudah lengkap fasilitasnya udah tinggal bawa badan udah ada peralatan yang bisa disewa buat ngemping

      Delete