Post Top Ad

Wednesday, August 7, 2019

Keindahan Pantai Puncak Guha dari Garut Selatan

pantai puncak guha
Pantai Puncak Guha. Source : Dokumen Pribadi

Mengingat tentang Garut Selatan tentunya juga teringat dengan keindahan alamnya yang asri dan hijau hingga dijuluki sebagai Swiss van Java. Siapa sangka ? Garut Selatan tidak hanya menyuguhkan berbagai keindahan alam seperti pegunungan dan hijaunya alam, namun Garut Selatan pun memiliki berbagai pantai indah yang mungkin membuat kamu kagum yang salah satunya adalah pantai Puncak Guha.

Puncak Guha ini merupakan salah satu pantai di Garut Selatan yang berdekatan dengan pantai Rancabuaya dan berlokasi di Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai Puncak Guha ini memang tidak seperti pantai seperti biasanya yang memiliki hamparan pasir atau pun garis pantai yang panjang. Puncak Guha sendiri berada seperti di atas sebuah tebing, tidak heran kalau angin di lokasi ini berhembus dengan kencangnya. Selain itu Pantai Puncak Guha memiliki Goa di bawahnya dan Goa tersebut merupakan tempat tinggal bagi para kelelawar gua.

Melihat karakteristik dari pantai Puncak Guha, terlihat sekilas seperti di Bukit Merese jika melihat di sisi barat Puncak Guha, hanya saja perbedaannya jika Bukit Merese memiliki barisan bebukitan disertai dengan hamparan rumput yang sangat luas, etapi Puncak Guha hanya sebatas hamparan rerumputan di sekitarnya dan juga tidak memiliki garis pantai yang begitu panjang. Puncak Guha ini akan terlihat jauh lebih indah jika mengunjunginya pada musim kemarau. Sebab semua pesonanya akan terlihat sangat indah dengan birunya lautan dan birunya langit sehingga membuat pemandangannya akan sangat kontras.  

pantai puncak guha
Pantai Puncak Guha. Source: Dokumen Pribadi

Puncak Guha sendiri memiliki daya tarik sebagai spot foto selfie yang mempesona dengan pemandangan yang begitu indah dan kita berada di ujung tebing yang menjorok ke pantai yang berhadapan langsung dengan samudra Hindia, deburan gulungan ombak serta hamparan rumput hijau yang menghiasi pemandangan Puncak Guha dan bagi para pemburu sunset Puncak Guha pun memiliki panorama sunset yang sangat indah. Selain itu, Puncak Guha sendiri pun bisa menjadi lokasi untuk camping  di sisi lautan, tidak sedikit wisatawan yang berminat untuk menikmati pesonanya sambil berkemah disini. Walaupun angin berhembus dengan kencangnya di Puncak Guha tetapi itu tidak menjadi halangan untuk menikmati pesona Garut Selatan melalui pantai Puncak Guha.  Satu hal lagi yang paling menarik dari Puncak Guha adalah pesonanya yang indah sehingga pantai ini pernah terekspos oleh penulis novel Dewi Lestari di karyanya yang berjudul Perahu Kertas.

Lalu bagaimana caranya untuk menuju ke pantai Puncak Guha? Kamu bisa ambil akses termudah dan terdekat melalui jalur Bandung - Rancabuaya via Pangalengan. Selain itu jalur Pangalengan pun bisa menjadi salah satu akses yang menambah kepuasan untuk bisa menikmati keindahan sepanjang jalan dimulai dari Pangalengan hingga Garut Selatan. Untuk kondisi jalan di jalur Pangalengan – Rancabuaya pun sudah cukup mulus, hanya saja kamu tetap harus berhati-hati ketika menghadapi turunan dan tanjakan yang cukup terjal selama dalam perjalanan.

Fasilitas yang ada di Pantai Puncak Guha terbilang sudah cukup memadai dengan adanya warung-warung dan toilet serta lahan parkir yang memungkinkan untuk dimasuki mobil. Sebelum memasuki area Pantai Puncak Guha akan ada biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 untuk per orangnya, biaya tiket masuk tersebut belum termasuk dengan biaya parkir yang dikelola sendiri oleh Pemuda Karang Taruna Desa Setempat. Dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau kamu sudah bisa menikmati berbagai panorama dan keindahan Pantai Puncak Guha sejauh mata memandang.

No comments:

Post a Comment