Post Top Ad

Wednesday, July 24, 2019

Sekilas Pesona Garut Selatan

Wilayah Garut Selatan sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya, apalagi kalau sampai dijuluki sebagai "Swiss van Java". Perjalananku saat ini membawaku menuju Garut Selatan, padahal hanya lewat dan tidak mengunjungi satu per satu lokasi yang paling indah karena ada berjuta-juta keindahan yang mustahil dikunjungi satu per satu hehe. Selain itu,  Garut dikelilingi 3 gunung api yang di antaranya Gunung Guntur, Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan. Namun kali ini saya tidak akan membahas soal gunung dikarenakan saya belum pernah mendaki huhuhu (kode pengen diajak mendaki). Kebetulan saya sedang menuju kawasan pantai selatan Jawa Barat di Garut Selatan, otomatis bakal melintasi banyak hal tentang pesonanya yang salah satunya saya ambil melalui kamera saya.

Megahnya Gunung Cikuray di Cikajang


Bisa dikatakan ketika kamu pergi atau pulang dari Pantai Santolo, sudah dipastikan kamu akan melihat betapa megahnya Gunung Cikuray selama melewati wilayah Cikajang. Rindahnya hutan di sisi kiri dan kanan jalan selama perjalanan membuat suasana ini begitu syahdu. Mungkin bagi para pecinta alam, keindahan ini sungguh sangat mempesona apalagi kalau mereka yang suka dengan ketinggian dan mencintai gunung pasti rasanya bikin ingin muncak hehehe. Saya belum pernah sama sekali mendaki gunung, namun suatu saat akan saya coba ketika semua persiapan sudah matang.

Keindahan Swiss van Java di Talegong



Sebenarnya ini di perbatasan antara Cukul dan Talegong tapi saya rasa ini sudah cukup jauh dari Cukul di Kabupaten Bandung dan sudah memasuki Kabupaten Garut. Melihat langit biru tanpa awan, pegunungan tampak indah serta tanpa kabut sedikit pun membuat mata begitu segar melihat pemandangan seperti ini. Masya Allah ! sungguh indah ciptaan Tuhan. Kalau beruntung kamu bisa menikmati pemandangan ini tanpa kabut menyelimuti sedikitpun di area pegunungan, sehingga akan tampak lebih indah jika difoto. Selain itu udara di sekitar ini cukup dingin di pagi hari sehingga saya pun sempat kedinginan walaupun matahari sudah menyinari seluruh kawasan ini.

Semilir Angin di Puncak Guha




Garut juga punya banyak pantai yang indah dan Puncak Guha lah salah satunya. Pemandangan dari Puncak Guha ini seolah-olah aku teringat dengan Bukit Merese di Lombok Tengah. Melihat sekeliling, garis pantainya memang tidak seluas Bukit Merese tetapi saya menganggap bahwa Puncak Guha ini adalah "Bukit Merese"nya Jawa Barat. Setiap musim kemarau pemandangan akan jauh lebih indah karena langit biru tanpa awan dan birunya samudera menambah pesonanya. Angin pun berhembus dengan kencangnya, membuat rambut ini sulit diatur #loh. Ah tapi inilah ciri khas pesisir pantai dengan bebukitan dan semilir angin membuat saya hingga 2 kali mengunjungi pantai ini. Kalau melihat di sisi barat pantai terlihat seperti di Bukit Merese dan kalau melihat di sisi timur pantai pemandangannya berubah mirip seperti Uluwatu di Bali.

Serunya lagi di Puncak Guha, walaupun daerah sekitarnya cukup gersang pada musim kemarau tetapi lokasi ini pas untuk berkemah di tepian pantai dan juga suara deru ombak yang menghantam tebing seakan-akan seperti sebuah musik yang diciptakan oleh alam.
Dengan melihat foto-foto di atas, yakin masih ga mau traveling ? Garut Selatan ga perlu keluar banyak uang kok yang penting bagaimana bisa mengatur keuangan aja biar ga beli terlalu banyak oleh-oleh hehehe. Dari foto di atas yang merupakan lokasi favorit saya adalah panorama Swiss van Java di Talegong. Hebat kan? bener-bener berasa di Swiss, apalagi kalau menikmatinya pada hari cerah!


No comments:

Post a Comment