Post Top Ad

Rabu, 12 Juni 2019

Perjalanan Eksotis dengan KA Siliwangi


ka siliwangi
dokpri

Traveling tidak harus selalu dengan mengunjungi tempat wisata yang sudah dikenal banyak orang bukan ? Kini aku bercerita tentang perjalananku dengan Kereta Api Siliwangi dari Cianjur hingga ke Sukabumi tidak sia-sia saya gunakan semua waktunya. Well, beberapa tahun yang lalu pun saya pernah naik kereta api Siliwangi, antusiasme saya naik kereta api ini karena sebelumnya jalur itu sudah lama mati dan tentu saja itu jadi hal yang menarik karena sebelumnya tidak pernah tau bagaimana indahnya jalur tersebut.

source : dokumentasi pribadi
Pengalaman pertama adalah hal yang paling berkesan. Jujur saya belum pernah melihat keindahan jalur Cianjur - Sukabumi yang dulu lama sekali non-aktif. Setelah sekian lama menunggu jalur ini akhirnya diaktifkan kembali. Terlihat saat saya menaiki kereta api Siliwangi, masyarakat begitu antusias melihat kereta api lewat, wajar saja sudah bertahun-tahun non-aktif akhirnya dilalui kereta api lagi. Tapi malah gantian! sekarang jalur Padalarang - Cianjur yang non-aktif karena masih perbaikan medan jalan dari tahap 1 hingga tahap 3 sebelum benar-benar bisa dilalui kereta api. Saya hanya berharap segera diaktifkan, karena jalur ini eksotis dan alternatif untuk saya pergi ke Bogor atau ke Jakarta nanti hehehe.

Sangat menguntungkan sekali akhirnya ada kereta api Siliwangi yang bisa menjelajahi jalur eksotis ini. Apalagi tiketnya yang murah hanya Rp 3000 dengan jalur seperti jalur wisata seperti jelas saya sangat antusias. Sebab baru saja berangkat dari stasiun Cianjur, pemandangan di luar jendela sudah disuguhkan dengan kemegahan Gunung Gede. 

Gunung Gede 


Melihat Gunung Gede sambil menaiki kereta api dan melihat hamparan sawah di tanah Cianjur membuat pengalamanku semakin berharga karena naik kereta ini aku berasa seperti sedang naik kereta api wisata dengan harga murah.

source : dokumentasi pribadi
Setiap perjalanan memiliki panoramanya masing-masing dan cerita di dalamnya. Karena itulah sebenarnya perjalanan lebih banyak melahirkan ide untuk bercerita nanti. Seperti halnya ketika melewati Pasirhayam saya melihat Gunung Gede tinggi menjulang di balik jendela kereta, hamparan sawah di Cilaku atau Cibeber, himpitan bukit di Sindangresmi, melewati terowongan yang umurnya sudah hitungan abad di Lampegan hingga keasrian alam di Cireungas. Bisa bayangkan bagaimana eksotisnya jalur ini ?

source : dokumentasi pribadi
Petak paling menarik dengan pemandangannya yang indah. Saya hanya mengetahui nama daerahnya yaitu Sindangresmi karena memang berdekatan dengan stasiun Sindangresmi, namun sekarang itu hanya sebuah halte dan sekarang kondisinya sudah rusak. Jalur ini memang banyak stasiun dan halte yang saya pikir sudah tidak bisa dipakai lagi, jadi KA Siliwangi pun hanya berhenti di stasiun yang sudah ditentukan. Mungkin kalau dulu tahun 90an KA Lokal Cianjur atau Argo Peuyeum bisa berhenti di stasiun tersebut.

source : dokumentasi pribadi
Ini dia terowongan kereta api tertua yang aktif sampai saat ini. Terowongan Lampegan, saya tidak tau secara detail tentang Lampegan. Tapi asal katanya dari "Lamp a gaan" yang artinya nyalakan lampu ketika orang Belanda dulu bilang nyalakan lampu sebelum memasuki terowongan ini sebelum seisi kereta menjadi gelap.

Perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam dari Cianjur ke Sukabumi maupun sebaliknya. Dengan pemandangan seperti itu pun perjalanan akan semakin seru karena keindahan jalur kereta ini benar-benar akan membuatmu seperti naik kereta api wisata. Berharap nanti kalau jalur Padalarang - Cianjur sudah kembali aktif akan ada kereta wisata sepanjang jalur ini. Amiin.

***
Dengan hanya Rp 3000 kamu sudaah bisa menikmati keindahan seperti di atas dengan KA Siliwangi. Tapi, untuk mendapatkan tiketnya pun perlu mengantri. Nah, ada yang lebih mudah dan bisa dipesan melalui KAI Access loh dengan metode pembayaran LinkAja. Dengan begitu tidak perlu takut kehabisan tiket karena tiket kereta lokal pun sekarang sudah dipesan.




4 komentar:

  1. Jalur selatan emang pemandangannya waktu naik kereta api keren banget.. dulu pernah sekali waktu salah naik kereta yang harusnya Solo-Jakarta keliru Solo Bandung dan alhamdulillah jadi tahu seperti apa pemandangannya. Jadi pengen naik kereta lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sebenarnya lebih suka pemandangan di jalur Padalarang - Cianjur - Sukabumi - Bogor daripada via Purwakarta dan itu indah banget lebih lagi keretanya cuma satu2nya yang beroperasi di jalur itu. jadi kaya naik kereta wisata aja. Tapi memang jalur selatan itu lebih indah

      Hapus
  2. Cianjur sukabumi masih go show tiketnya, blum bisa via kai akses..
    Pdhal saya juga mau nyobain naik kereta ini,,sengaja dri bogor mau kesukabumi dlu..
    Hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai KAI Access coba update terlebih dahulu aplikasinya lalu cari pilihan Local Train. Disitu sudah bisa dipesan tiketnya

      Hapus