Post Top Ad

Thursday, June 6, 2019

Galeri Nasional Indonesia, Rumah Bagi Para Penikmat Seni

Galeri Nasional Nasional atau GNI surganya bagi para penikmat seni mulai dari folk hingga kontemporer. Terkadang lokasi ini sering menjadi lokasi pameran seni sementara/temporary exhibition yang berada di gedung pameran. Bagi penikmat seni mungkin GNI ini bisa menjadi referensi untuk mencari ide-ide lukisan atau karya seni lainnya, dengan bukti ada saja pelukis yang menuangkan idenya di selembar kanvas dan duduk di pinggiran cafe. Seperti di Eropa saja hehehe.


Berlokasi di Jakarta Pusat dekat dengan stasiun Gambir menampilkan banyak sekali karya seni dari para seniman hebat yang berasal dari Indonesia bahkan Dunia. Karya yang dipajang di area ruang permanen adalah lukisan dan karya seni dari seniman-seniman hebat tentunya.

Galeri Nasional Indonesia (GNI) adalah 'rumah' bagi karya-karya seni rupa terbaik nusantara dan mancanegara. Koleksi-koleksi terbaik GNI dapat dinikmati oleh publik melalui sebuah pameran tetap, yang sejak 2015 terwujud dalam konsep baru melalui penataan karya dan ruang yang informatif dan interaktif. 

Dalam galeri ini kamu akan diajak untuk melintasi sejarah seni di negeri ini, dari era perintisan seni rupa modern Indonesia, Mooi Indie, Persagi, sanggar seni, hingga seni rupa kontemporer. Menghadirkan karya dari berbagai praktik seni yang terdiri dari seni lukis, seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni video, hingga seni media dan dipamerkan melalui berbagai medium agar pengunjung dapat memahami karya seni yang ditampilkan dengan mudah.

Di dalam Galeri Nasional Indonesia, di bagian Raden Saleh Sjarif Bustaman contohnya banyak sekali seni-seni hebat yang dipamerkan dalam satu ruangan tersebut salah satunya adalah lukisan seperti gambar berikut










Tips Mengunjungi Galeri Nasional Indonesia

1. Kenali aturannya secara umum

Pertama, barang bawaan kecuali handphone dan kamera harus dititipkan ketika masuk ke dalam area gedung

Kedua, dilarang membawa makanan dan minuman. Tentu saja ini untuk menghindari kotornya area gedung dan karya-karya seni yang dipajang.

Ketiga, mengisi daftar pengunjung.

Keempat, tidak diperkenankan menyentuh pajangan, berduduk di lantai atau berjongkok pun tidak boleh.

*Saat masuk akan dijelaskan kembali tentang aturan-aturan bagi pengunjung

2. Berfotolah, tapi jangan sampai menyentuh galeri museum.

3. Tidak ada tiket masuk alias gratis dan siapapun bisa masuk ke GNI

4. Lokasi GNI berada dekat sekali dengan stasiun Gambir sehingga akan mudah ditemukan lokasinya.

5. Nikmati setiap sudut museum. 


No comments:

Post a Comment