Post Top Ad

Monday, December 31, 2018

5 Potret Keindahan Sukabumi

Selamat Tahun Baru 2019 untuk kita semua. Pastinya di awal tahun ini pasti sudah banyak yang bersiap-siap untuk resolusi bucket list baru di tahun ini buat traveling lagi. Bicara tentang Sukabumi, siapa sih yang ga terpesona dengan beragam keindahannya ? saya pun selalu suka dengan keindahan-keindahan alam yang disuguhkan dari Sukabumi. Sebenarnya baru-baru ini kemarin saya baru ke Sukabumi dan pergi ke Geopark Ciletuh. Tapi sayang sekali, karena medan jalan yang sangat terjal di sana membuat saya terhenti di tengah jalan selain itu kendaraan tidak memadai untuk trek seterjal itu (alih-alih ga mau ambil resiko). Namun tak apalah saya masih bisa menikmati potret keindahan Sukabumi lainnya selain di Ciletuh. 

Pantai Cimaja
Pantai Cimaja

Kesunyian Pantai Cimaja ini pas banget dengan pemandangan pagi disertai matahari yang sedang terbit. Mendengar suara air laut dan para nelayan yang baru sampai di pesisir membuat suasana pantai semakin terasa. Saya menyukai pantai dengan suasana sunyi seperti ini, tidak heran pag-pagi saat matahari terbit saya langsung datang ke pantai ini. Di Pantai Cimaja ini dulu  ada sebuah tempat pelelangan ikan, tapi sekarang semua ikan yang telah ditangkap dikirimkan ke pasar ikan di pusat kota Pelabuhan Ratu. Jadi, sekarang tempat bekas pelelangan ikan tersebut hanya menjadi salah satu tempat penyuplai ikan yang nantinya akan dilelang di pasar ikan. 

Jalan Pantai Loji
Jalur yang naik turun dan berbelok ini ternyata menyimpan keindahan tersendiri yang khas. Jalur ini pun merupakan salah satu akses menuju Puncak Darma dan Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi. Baru beberapa kilometer saya takjub dengan pemandangan sepanjang perjalanan. Sekilas saya teringat jalur ini seperti waktu saya pergi ke Lombok dan jalan ini tidak jauh berbeda dengan Lombok tengah ke Lombok Timur, hanya saja jalur ini lebih terjal daripada di Lombok hehehe.


Pantai Ciletuh
Pemandangan Pantai Ciletuh terlihat sangat jelas dari Puncak Darma. Merupakan salah satu keindahan yang paling saya suka ketika lihat view membentang luas dari ketinggian. Sayang sekali sebenarnya saya mau coba ke pantainya, tapi apa daya jalurnya yang ekstrim membuat saya mengurungkan diri ke pantainya. Jalurnya masih penuh dengan tanah dan turunannya pun cukup membuat adrenalin meningkat drastis.

Pantai Citepus

Salah satu pantai di Pelabuhan Ratu, Pantai Citepus. Kesini sore hari cukup ramai dengan wisatawan atau warga yang tinggal di sekitar sini untuk menikmati sore di pantai. Saya rasa pantai ini cukup diminati karena pas untuk bersantai.

Pantai Karang Hawu
Pantai favorit saya selama di Pelabuhan Ratu yaitu Pantai Karang Hawu. Wisatawan banyak juga yang menikmati pantai ini karena pesona keindahannya, selain itu ketika matahari terbenam suasana pantai ini semakin indah karena matahari yang terbenam di antara karang-karang yang berada di sekitar pantai pantai. Tetapi ombak di pantai ini tidak pas untuk berenang karena ombaknya yang cukup besar dan banyak korban yang terseret ombak di pantai ini. Selain itu konon katanya Pantai Karang Hawu ini merupakan singgasana Nyi Ratu Kidul/ Nyi Roro Kidul. Hmm ternyata di balik keindahannya banyak juga hal mistis yang ada di pantai ini.

2 comments: