Post Top Ad

Saturday, October 27, 2018

Solo Traveling ke Bali dan Lombok 5 - Pantai Kuta Mandalika, Lombok

pantai kuta mandalika lombok
The Mandalika, Kuta Lombok

Banyak kesan yang menarik saat pertama kali mendarat di Lombok. Saat mendarat tentu saja tidak menyangka bahwa traveling ke Lombok yang diimpikan akhirnya bisa terwujud hanya dengan modal nekat. Saya rasa pulau Lombok itu masih sangat sepi penduduknya beda sekali dengan Bali apalagi di pulau Jawa, masih banyak hamparan-hamparan persawahan dan bukit-bukit kecil yang tidak begitu terjamah manusia saat saya lihat sebelum mendarat. Mungkin inilah yang disukai para traveler saat traveling ke Lombok ya. Ada satu hal lagi yang saya kaget saat mendarat di Lombok, Sinyal HP. Sinyal Hp disini pokoknya kalau providernya ga bagus-bagus amat ya bisa-bisa cuma dapat sinyal Edge dan paling tinggi itu HSDPA itu pun hanya didapat di Kota Praya. Kalau di Kuta ya... jangan harap bisa dapat sinyal dan di Lombok itu masih minim angkutan umum, angkutan umum itu hanya bisa didapatkan di Kota Mataram sepertinya. Jadi yah mau kemana-mana terpaksa harus sewa motor dan untungnya ada penyewaan motor di tempat penginapan. Satu masalah terselesaikan sudah. Jadi setelah mendarat mau kemana aja selama di Lombok? 

Kalau di Lombok itu banyak banget pilihan wisatanya, apalagi kalau soal pantai pasti bikin bingung karena semuanya bagus. Tapi, sesuai bucketlist tentunya saya sudah menyiapkan mau kemana dan mau apa disana sebelum berangkat ke Lombok.

Nah, untuk yang pertama kalinya saya melihat pantai Kuta Mandalika. Setelah mendarat, simpan barang di penginapan, walaupun sedikit jetlag akibat pertama kali naik pesawat langsung deh tanpa basa-basi menuju pantai pertama yang akan saya kunjungi yaitu Pantai Kuta Mandalika. Pantainya indah banget walau di pesisirnya banyak ganggang tapi untuk pantai yang lokasinya cukup strategis ini terhitung indah bagi saya.

pantai kuta mandalika lombok
Pantai Kuta Mandalika, Lombok

Pantai Kuta Mandalika ini semakin dibenahi yang kelak akan seperti pantai Kuta di Bali

pantai kuta mandalika lombok
Pantai Kuta Mandalika, Lombok

Hamparan pasir putih dan pantainya yang masih natural membawa kesan yang berbeda dari pantai yang ramai dibanding dengan pantai di tempat lain


pantai kuta mandalika lombok
Pantai Kuta Mandalika, Lombok

Beberapa bagian pesisir pun memiliki batuan yang tersusun rapi dan jarak antara pantai dan laut lepas terlihat sangat jauh
pantai kuta mandalika lombok
Pantai Kuta Mandalika, Lombok

Perpaduan warna langit dan dan laut biru yang mempesona di Pantai Kuta Mandalika

Sejauh mata memandang garis pantai Kuta Mandalika ini memang sangat panjang. Tidak heran kalau pantai Kuta Mandalika ini menjadi favorit wisatawan yang datang kesini. Tidak banyak juga yang berenang disini karena pesisirnya lumayan berbatu tapi ada saja kok yang berenang di bagian pantai yang tidak berbatu. 

pantai kuta mandalika lombok
Pantai Kuta Mandalika, Lombok

Salah satu yang menjadi ciri khas pantai Kuta Mandalika ini adalah pemandangan bukit yang berbentuk kerucut disana dan lautannya yang biru membuat mata langsung segar melihatnya. Pokoknya kalau sedang ke Lombok pantai Kuta Mandalika ini sangat sayang dilewatkan karena pemandangan yang disuguhkannya pun ga bikin menyesal jauh-jauh datang ke Lombok. 

Ada cerita lain di balik keindahan pantai Kuta Mandalika ini. Saat saya sedang berjalan-jalan di pantai ini banyak sekali ibu-ibu yang menjual kain tenun dan anak-anak yang menjual gelang gelang etnik. Memang menggiurkan sekali untuk membelinya. Tidak masalah saya waktu itu membeli beberapa gelang dari anak-anak tersebut, tapi yang membuat saya terkejut adalah ketika saya membeli beberapa gelang dari salah satu anak tersebut eh munculah anak-anak lain yang menjual gelang juga karena saya terlihat sedang membeli gelang tersebut. Saya pun dibuat bingung padahal saat itu karena anak-anak yang datang menghampiri saya pun meminta ingin dibeli juga gelangnya oleh saya #Wadoh! tekor saya kalau gini. Langsung saja menolak tanpa basa basi untuk tidak membeli lagi karena takut habis uang, karena mereka memang meminta dengan memelas. Awalnya sih saya tidak berniat sama sekali membeli gelang tapi karena saya terlihat seperti turis padahal waktu itu hanya memakai outer tenun saja #hmmm. Hal serupa juga sama ketika saya berminat untuk membeli kain tenun, awalnya saya hanya bertemu seorang ibu saja, tapi lama kelamaan semakin banyak yang menghampiri saya bagai DIREMPUG #wkwkwk tapi ya sudahlah ada niat juga saya membeli souvenir dari mereka untuk membangun kembali pariwisata Lombok melalui penjual-penjual tersebut. Karena waktu saya ke pantai, suasana masih sangat sepi akibat gempa Lombok yang mengguncang beberapa bulan yang lalu.

pantai kuta mandalika lombok
Para Wanita Penjual Kain Tenun

Pemandangan yang indah beserta senyuman para wanita Lombok yang menjajakan kain tenunnya yang khas


Tunggu cerita perjalanan selanjutnya tentang Lombok. またね!





No comments:

Post a Comment