Post Top Ad

Saturday, August 25, 2018

Yuk Jalan-Jalan ke Museum Geologi Bandung !

Sebagai traveler yang suka keindahan alam biasa paling suka traveling outdoor daripada indoor ya. Tapi, ga ada salahnya juga coba-coba buat mengunjungi museum. Mungkin beberapa orang bilang "ngapain sih ke museum, bosen tau." ya dibilang bosen iya, dibilang ga bosen juga iya. Jadi gimana tuh ? ya ga bosen sih selama saya menikmati perjalanan saya, hehehe. Toh, sebagai seseorang yang suka jalan-jalan, ga ada salahnya mengunjungi museum sekaligus mengajak masyarakat untuk mengunjungi museum. Museum dibangun bukan untuk pajangan loh, tetapi berbagai edukasi yang kita dapat di museum pun tidak sedikit. Jadilah pengetahuan kita bertambah banyak. Tapi sayangnya makin sedikit aja pengunjung yang datang ke museum, perlu diajak lagi nih.

Sebenarnya udah lumayan banyak museum yang saya kunjungi, seperti Museum Geologi di Bandung, Museum Subak di Bali, Museum Kereta Kencana di Yogyakarta. Saya ga tau juga ya apa Galeri Nasional Indonesia (GIN) termasuk museum juga ? soalnya banyak banget lukisan-lukisan bersejarah dari zamannya yang dipamerkan disana. Antara museum atau galeri ? mirip kali yah.

Kalau di Bandung saya paling suka Museum Geologi. Disana kita bisa mengenal Bumi beserta Isiannya, kaya buka kaleng biskuit kong*uan tapi isinya rengginang. Lho apa korelasinya hahaha.

museum geologi bandung
Museum Geologi Bandung

Masuk ke museum ini bener-bener murah tapi ga murahan, masuk kesini tidak lebih dari 10ribu itu pun tarif yang dikhususkan wisatawan asing, kebayang wisatawan lokal apalagi mahasiswa kan berapa tarifnya? dengan tarif segitu aja udah bisa menikmati isian gedung museum. Pemberian edukasi melalui kunjungan museum pun harus ditekankan sebenarnya.

Seperti museum pada umumnya, di dalam museum geologi ini banyak edukasi mengenai Bumi beserta isinya loh. Seperti contohnya sejarah pembentukan bumi, volcano, sejarah manusia purba dan lain-lainnya.


Asal mula manusia dari mulai Pithecantropus sampai Homo Sapiens pun dijelaskan. Hmm ternyata baca di museum lebih seru daripada baca buku sejarah waktu sekolah. 


Sampai batuan yang ga pernah saya liat sebelumnya pun disini bikin terlihat Wah! karena warna dan bentuknya yang cantik kaya doi... ._. wait?


Fokus pada bule eh fosil dinosaurus ahahaha


Saya ga tau apa maknanya alat-alat elektronik ini, tapi yang pasti berarti aku harus baca lagi kesana


Ternyata lautan pun punya benda-benda unik dan aneh, saya liat pun seperti ada fosil macam kecoa gitu di dalam sana hmmm kenapa harus kecoa ? Tapi kalau mau tau sih kecoa juga merupakan salah satu serangga purba penyisaan yang masih hidup di zaman now seperti ini. Tapi tetap saja mau dimusnahkan sebanyak apa pun selalu aja ada di sela-sela lemari atau kolong meja hmmm.


Cantik menawan dengan kearifan lokalnya. 

Next Museum apa lagi yah ?

No comments:

Post a Comment