Post Top Ad

Wednesday, August 29, 2018

Cara Traveling ke Bali Lewat Jalur Darat & Laut dari Bandung ?

cara traveling ke bali lewat jalur darat dan laut dari bandung
Dokumentasi : Pribadi

Pantai Kuta, Uluwatu, Nusa Dua dan lain-lain. Hmmm sudah pasti kamu akan menebaknya dengan salah satu tempat yang paling ciamik di pulau dewata Bali, ya kan? kalau liburan ke Bali tuh rasanya bisa sangat mahal bagi beberapa orang dan juga bisa juga sangat murah bagi beberapa orang. Ah, itu tidak perlu dipedulikan. Tapi apa traveler tau ? kalau kamu tinggal di pulau Jawa dan ingin traveling ke Bali tapi berusaha untuk traveling semurah mungkin. Ada banyak cara sih memang buat traveling kesana. Kamu bisa lewat jalur darat kok, eits tapi ga sepenuhnya lewat jalur darat toh dari Banyuwangi ke Gilimanuk tetap saja kamu harus memakai kapal ferry untuk bisa menyebrang bukan pakai angkot kan yah hahaha.

Dari dulu sampai sekarang pun saya belum pernah ke Bali menggunakan pesawat, karena selain mengepres budget, menikmati perjalanan pun adalah kesukaan saya. Jadi, bisa dibilang saya lebih menikmati perjalanannya daripada tiba dengan cepat :D

Oh iya, lalu kalau traveling ke Bali dari Bandung lewat jalur darat tuh gimana caranya ? Sepertinya memang masih banyak pertanyaan yang disampaikan ke saya dari teman-teman. Kok bisa sih ga lebih dari 500ribu udah bisa sampai Bali bahkan kayanya ga sampe 500ribu juga sih. 

Berdasarkan pengalaman saya, menggunakan kereta api sebagai transportasi antara Bandung - Surabaya - Banyuwangi adalah nomor 1 bagi saya. 

Oh iya kereta yang bisa kamu gunakan banyak untuk bisa sampai ke Bali. Tapi, saya rekomendasikan untuk menggunakan kereta api Kahuripan dari Bandung (Kiaracondong) hingga Yogyakarta (Lempuyangan) 

Jadwal dari KA Kahuripan dari Kiaracondong pukul 18:10 dan tiba di Lempuyangan pukul 02:40 

Harga tiketnya ga mahal hanya Rp 84.000

Setibanya di Lempuyangan perjalanan masih tetap berlanjut menggunakan KA Sri Tanjung menuju Banyuwangi.

Jadwalnya,

Berangkat Stasiun Lempuyangan : 07:00
Tiba Stasiun Banyuwangi Baru : 20:50

Hargat tiketnya pun hanya Rp 94.000

Nah sudah sampai di Banyuwangi pun kamu tinggal jalan sekitar 10 menit menuju pelabuhan Ketapang untuk menyebrang ke pelabuhan Gilimanuk Bali. Kalau harga tiket ferry Ketapang - Gilimanuk sekitar Rp 6.500 itu pun harga khusus pejalan kaki. Murah banget kan ? 

Jadi total yang kamu harus keluarkan sampai tujuan Gilimanuk kira-kira kurang lebih Rp 184.500! Wow udah sampe Bali loh segitu. Tapi kalau mau ke Denpasar tentu saja kamu butuh bus untuk tiba sampai ke sana, kalau bisa nego, harga bus semacam elf dari Gilimanuk ke Terminal Ubung Denpasar bisa kamu dapatkan sekitar Rp 50.000 tapi tergantung bagaimana negonya hehe. Mudah bukan sekarang buat ke Bali ?

No comments:

Post a Comment