Post Top Ad

Saturday, July 7, 2018

Bikin Penasaran, Sebenarnya Kenapa Cirebon itu Unik ?

Kota Berintan atau Kota Udang itulah julukan yang dimiliki Kota Cirebon.  Kota yang berada di wilayah pantai utara Jawa Barat sekaligus berbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sudah beberapa kali saya bolak-balik menuju Cirebon. Saking seringnya bolak-balik, bahkan sampai nekat ke Cirebon pergi di hari yang sama dan pulang di hari yang sama juga. Memang, lelah bahkan rasanya pegal-pegal, apalagi saya mengendarai motor seorang diri. Memang nekat sih saya ini hahaha. Tapi sebenarnya ada apa di Cirebon yang bikin sampai berambisi untuk mengeksplor kota di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini? Banyak hal memang, kalau orang bilang sih "Gak bosen ke Cirebon? Kan disana ga ada apa-apa" kalau saya ingin jawab sih "Ah nggak juga, banyak kok yang bisa dinikmati di kota itu" hehe.



Awalnya sih memang saya mengira saat pertama kali ke Cirebon bingung karena destinasi apa yang menarik di kota ini padahal waktu itu memang pertama kalinya ke Cirebon, wajar karena tidak tau apa-apa hehehe. Ya kalau browsing di mbah google sih, yang pertama dilirik itu kulinernya. Duh ada Empal Gentong, Nasi Jamblang dan lain-lain. Ya udah deh pertama tiba di Cirebon langsung ngincer Nasi Jamblang, kalau dengar dari temen sih, nasi jamblang tuh mirip-mirip kaya nasi kucing ala angkringan di Yogyakarta. Tapi yang membedakan nasinya dibungkus pakai daun jati, unik juga ya! terus cara milih lauknya ya kaya prasmanan, jadinya bebas milih ini itu sesuka hati. Tau dari temen aja nggak cukup, langsung cari aja dan bener deh apa yang menurut teman bilang itu ya seperti yang diceritakan. Pas makan nasi jamblang yang paling enak tuh lauk pauknya apalagi sambal jamblang dan dendeng atinya yang khas duh lezat banget! Pengen lagi kan jadinya huhuhu.

Selain kuliner sih yang bikin unik sekaligus bingung kalau Cirebon itu kan masih Jawa Barat tapi kok rata-rata logatnya mirip seperti bicara bahasa Jawa gitu, hmm. Kalau Cirebon di perbatasan dan memang dekat dengan Jawa Tengah, tapi kok beda banget sama kota Banjar? kalau di Banjar malah banyaknya masih bicara bahasa Sunda. Bikin bingung sekaligus agak ada Culture Shock-nya. Pas disimak lagi hmmm ga ngerti ngomong apa, bahasa Sunda bukan bahasa Jawa juga beda dikit. Waktu itu sempet sih ditemenin ke toko buku pas ada kesempatan ditemenin sama temen yang di Cirebon, nemu buku judulnya "Tata Bahasa Cirebon" hah! memang bahasa Cirebon beda yah ? okelah dibaca dikit, duh emang agak beda gimana gitu. Pas dibaca ada kalimat dengan contoh "Mireng wartos sote saking sesepuh dhateng kampung" artinya 'mendengar kabar juga dar sesepuh di kampung', oke bahasanya ada perpaduan kosakata dari bahasa Sunda dan Jawa menurut saya, tapi cukup beda sih hmm. Karena unik ya sudah akhirnya dibeli bukunya, bukan karena iseng juga beli bukunya mengingat aku ini yang suka banget belajar bahasa. 

Habis ngomongin bahasa lanjut ke budaya dan wisatanya. Budaya Cirebon juga unik sih, terutama dari seni musik tarlingnya.  Perpaduan gitar dan sulingnya enak didengerin, tapi yang bikin bingung lagi nih suling itu identik dengan musik Sunda menurut saya, tapi pas denger lagunya duh pakai bahasa Cirebon! makin aja penasaran sama Cirebon. Selain itu dari budaya batiknya, batik punya namanya sendiri loh, yaitu Batik Megamendung, bagus banget motifnya deh. 

Kalau dari segi wisatanya, Cirebon ini terkenal dengan Keraton Kasepuhannya. Selain Keraton Kasepuhan, ada lagi nih Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan. Jadi, Cirebon punya 3 keraton yang toh. Kalau belajarnya sejarahnya mungkin beda juga sih kayanya. Tapi, inilah yang bikin semakin penasaran dengan budaya Cirebon.

Keraton Kacirebonan
Keraton Kacirebonan

Keraton Kanoman Cirebon
Keraton Kanoman

Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan
Berarti kalau disimpulkan, Cirebon itu punya banyak sekali keunikan dimulai dari kulinernya, budaya dan bahasanya dan juga wisatanya. Ga pernah bosan memang kalau ke Cirebon, terlebih masih banyak kuliner dan wisatanya yang belum dikunjungi. Panasnya kota Cirebon ga masalah yang penting gimana caranya bisa menikmati Kota Cirebon ini sampai puas. Lain kali pasti liburan ke Cirebon tapi lebih nyantai alias pake acara nginep deh hehe. Selamat Mengeksplor Cirebon

No comments:

Post a Comment