Post Top Ad

Tuesday, July 17, 2018

Wisata Budaya Keraton Kasepuhan Cirebon, Wisata yang Paling Banyak dikunjungi di Cirebon


Halo traveller. Kali ini saya akan mengulas tentang Keraton Kasepuhan Cirebon dengan pesona keraton yang megah dan paling terawat di Cirebon. Keraton Kasepuhan ini memeliki makna di setiap sudut bangunannya.

Ini dia foto-foto kecantikan dan kemegahan Keraton Kasepuhan Cirebon.





Perlu diketahui bahwa Keraton Kasepuhan ini merupakan pusat kegiatan politik, sosial dan budaya. Dibangun pada tahun 1527 merupakan istana tertua dan paling terjaga keasliannya di Cirebon. Terletak di Jl. Kasepuhan No.43, Kasepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, memiliki gaya arsitektur perpaduan antara Sunda, Jawa, Islam, China, dan Belanda dan merupakan tempat tinggal dari Sultan Kasepuhan.

Setiap tata letak bangunan di Keraton Kasepuhan memiliki makna dan istilahnya masing-masing, saking banyaknya saya tidak sempat mengulas semua tempatnya karena keterbatasan waktu. Contohnya foto di bawah ini.

Siti Inggil

Siti Inggil


Taman/Lapangan Giyanti
Menurutku Keraton Kasepuhan ini memang pas sekali buat kalian yang suka dengan kebudayaan khusunya budaya Cirebon karena keaslian budayanya masih sangat kental sekali. Selain itu pastinya cocok juga untuk kalian yang suka berfoto cantik dengan pesona budaya tradisionalnya. Oh iya, biasanya di depan halaman Keraton Kasepuhan suka dipakai untuk latihan menari ala Cirebon gitu loh.

Foto yang Instagramable pun bisa didapat di sekitaran Keraton Kasepuhan, ini dia contohnya



Fasilitas yang terdapat di Keraton Kasepuhan terbilang cukup lengkap. Sama seperti tempat wisata peninggalan lainnya, disini tersedia tempat parkir dan toilet. Jadi fasilitas tersebut sudah terbilang mencukupi untuk wisata berkonsep sejarah. Harga tiket masuknya pun bervariasi mulai dari wisatawan lokal (siswa dan umum) dan wisatawan mancanegara. Berkirsar antara Rp 10.000 s/d Rp 20.000

Jadi, tidak afdol rasanya kalau tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan selama berlibur di Cirebon. Selamat Bereksplorasi!


2 comments:

  1. Kalau di Jawa enak buat hunting situs-situs budaya banyak dan udah tertata.. di ntt masih banyak yang lokasinya susah dijangkau... Cirebon selama ini cuma buat lewatan kalau balik mudik dari Jakarta ke kampung halaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih di Pulau Jawa masih banyak situs-situs budaya terlebih aksesnya pun sudah banyak yang terjangkau. Kalau ada kesempatan yuk mampir ke Cirebon. disana juga ada 3 keraton yang ga kalah cantiknya loh sama Keraton Kasepuhan....

      Delete