Post Top Ad

Friday, July 13, 2018

Wisata Budaya di Keraton Kanoman

Akhirnya saya traveling ke Cirebon lagi! entah kenapa suka sekali dengan salah satu kota yang ada di dekat perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah ini. Cirebon memang salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan karena dekat dari Jakarta, bagi orang Jakarta sih hehehe. Melihat Keraton Kanoman dengan arsitekturnya yang cantik dan berhias piring-piring porselen memberikan keunikan tersendiri di antara keraton-keraton yang lainnya.

Nah, Kali ini aku mau sharing selama di Cirebon aku kemana aja sih ? Oh ya, kemarin kan udah sharing tentang wisata budaya di keraton kacirebonan unik kan ya keratonnya seperti rumah biasa tapi menyimpang segudang sejarah dan budaya yang bisa dipelajari. Sekarang saatnya beranjak dari Keraton Kacirebonan menuju Keraton Kanoman. 

Keraton Kanoman merupakan salah satu dari tiga keraton bersejarah yang berada di Cirebon. Keraton ini dibangun pada tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin. Berdirinya Keraton Kanoman pun tidak lepas dari awal berkembangnya agama Islam di Jawa Barat. 

Gerbang Seblawong, Keraton Kanoman
Bale Manguntur, Keraton Kanoman

Sebelum sampai di Keraton Kanoman awalnya bingung bahkan hampir nyasar hanya untuk mencari lokasi Keraton Kanoman ini, ternyata yang bikin bingungnya adalah lokasinya yang pertama kali perlu masuk ke area Pasar Kanoman. Saya bingung karena ini bener ga yah jalannya, takutnya malah beneran masuk ke pasar jadinya malah wisata belanja di pasar deh hahaha. Eh tapi memang benar, lokasinya di Jalan Kanoman jadi ya sudahlah parkirkan kendaran dang cus langsung jalan ke area pasar, setelah jalan akhirnya munculah wujud-wujud bangunan seperti keraton. Akhirnya kutemukan juga.

Alamat Keraton Kanoman bisa kalian cari di Google Maps kok tidak sulit untuk menuju lokasi.

Jl. Winaon Kampung Kanoman No. 40, Kanoman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111


Jadi, kalau ke Cirebon jangan lewatkan Keraton Kanoman dan kalau bisa tulis bucket list kamu hehe. Selamat Mengeksplor!

No comments:

Post a Comment