Post Top Ad

Sunday, July 22, 2018

8 Tips Traveling Murah

Traveling murah memang jadi dambaan atau harus bagi setiap traveler. Tentunya berbagai tips menarik bisa menjadi referensi buat traveling kamu selanjutnya. Jadi traveling hemat itu bagaimana ?

Backpackeran biar Murah

Banyak cara sih memang untuk traveling murah meriah yang Nggak bikin nguras dompet. Lalu, mulai darimana dan harus bagaimana untuk bisa traveling murah meriah ?

1. Coba search sana-sini di google atau via temen tentang informasi destinasi yang akan kalian kunjungi

Ini penting, riset tentang segala informasi mulai dari budget dan bagaimana biaya hidup di tempat yang kalian tuju. Ngobrol dan kongkow tau-tau udah ngomongin soal traveling pastinya ga akan ada habisnya ngomongi "eh gimana sih caranya kesini ?", "buat kesini biar murah gimana?". Wah pasti seru banget ya... apalagi riset seperti ini merupakan bagian dari rencana buat travelingmu loh.

2. Kalau bisa coba liburan saat low season

Liburan kaya gini emang agak sulit terlebih kalau saat weekday harus ngantor atau kerja. Tapi, kalau ada kesempatan cuti di low season coba deh gunain waktu itu untuk traveling murah. Traveling low season juga berlaku kalau kamu mau liburan keluar negeri. Contohnya Jepang, kalau liburan di Jepang peak season itu biasanya pas musim semi saat bunga sakura bermekaran dan pada musim gugur saat cuaca sedang enak-enaknya. Beda kalau kalian liburan ke Tokyo pas musim panas atau ke Hokkaido pas musim dingin, beuh mantap banget cuaca panasnya summer dan dinginnya winter! tapi jangan salah biasanya traveler menghindari musim panas dan dingin karena cuaca yang sangat ekstrim tapi di lain hal itu merupakan saat low season loh.

3. Menginap di Hostel atau Homestay

Penginapan juga menjadi pilihan mau high budget atau low budget. Kalau high budget dan ga perlu berpikir banyak buat press budget alias traveling ala flashpacker sih ga masalah nginep di hotel bintang 5 pun. Tapi kalau kamu yang termasuk traveler ala backpacker disarankan menginap di hostel atau homestay. Karena budget yang ditawarkan pun bersahabat kok dengan dompet. Ya meskipun tidak sebagus hotel tetapi yang penting kamu bisa tidur di atas kasur dengan nyaman.

4. Kurangi beli oleh-oleh di area ramai turis

Beli oleh-oleh nih yang biasanya bikin budget liburanmu ludes dalam waktu sedetik. Tapi mau bagaimana lagi, keluarga di rumah pasti ada yang menanti oleh-oleh darimu saat sesudah traveling ya kan? Nah, kalau mau beli oleh-oleh usahakan kalau bisa hindari beli oleh-oleh di area ramai turis apalagi kalau kamu seorang yang sedang backpackeran. Biasanya harga yang ditentukan bisa berkali lipat loh. Pengalaman sih, beli oleh-oleh di stasiun atau di tempat ramai turis, duh barangnya cuma sedikit tapi keluar duit banyak huhu. Kalau bisa juga belilah oleh-oleh di pasar tradisional pastilah banyak barang-barang khas tempatnya yang dijual kok disana.

5. Mengajak teman 

Saat mengajak teman untuk traveling bareng pun merupakan ide bagus, tapi kalian harus siap dengan segala perbedaan pendapat. Tapi ga selalu kok, ada teman yang easygoing banget pas traveling. Kalau lagi liburan sambil ngepress budget usahakan ajak temanmu untuk ikut bersamamu, karena kalau kamu solo traveling semua budget yang kamu sendiri yang mengeluarkan dan tentunya sih semua fasilitas kamu juga pakai hehe. Kalau bersama teman enaknya bisa patungan, apalagi pas menginap di penginapan jadi bisa bagi dua tuh budgetnya.

6. Menggunakan Jalur Darat

Jalur darat bisa kamu andalkan saat traveling murah meriah, beda halnya kalau kamu menggunakan jalur udara iya kan ? Ada enak ga enaknya lewat jalur darat ataupun udara. Kalau jalur udara sih memang lebih cepat tapi budget yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Kalau jalur darat memang agak lama waktu tempuhnya tapi enaknya kamu bisa menikmati pemandangan selama di perjalanan. 

7. Kalau ada promo langsung sergap!

Ini dia yang paling penting, tiket promo. Potongan harga tiket atau penginapan bisa kamu gunakan dengan maksimal! walaupun yang dipotong agak sedikit tapi lumayan dong bisa buat beli nasi di warteg hehe. Misal saya beli tiket pesawat seharga Rp 350.000 eh ternyata dapet potongan sekitar 30ribuan, ya lumayan hemat 30ribu. Ingat, walau yang dipotong tidak seberapa tapi yang namanya uang tetaplah uang dan masih bisa dipakai untuk makan atau ongkos angkot sekalipun.

8. Gunakan transportasi umum

Menggunakan transportasi umum selain bisa mengurangi macet sekaligus bisa press budgetmu saat traveling. 

Semoga tips di atas bermanfaat. Selamat bertraveling hemat! 

No comments:

Post a Comment