Post Top Ad

Friday, June 1, 2018

Pesona Pangalengan, Wisata Cibolang Hot Spring dan Situ Cileunca


Pangalengan memang salah satu destinasi populer oleh wisatawan yang kebanyakan berasal dari kota Bandung, sejuknya udara yang menjadikan Pangalengan sangat gemar dikunjungi. Pangalengan juga terkenal dengan daerah penghasil susu sapi dan dikelola oleh Kesatuan Peternakan Bandung Selatan (KPBS) maka dari itu tidak heran jika banyak produk olahan susu yang dibuat dan dijadikan oleh-oleh khas Pangalengan seperti contohnya adalah permen susu karamel, susu KPBS Pangalengan, dodol susu dan lain sebagainya. Terkenal dengan hotspringnya yaitu Cibolang Hot spring, Situ Cileunca dan Perkebunan Tehnya.

pemandian air panas cibolang

pemandian air panas cibolang


Pemandian air panas Cibolang/Cibolang Hot spring berlokasi di Desa Wanasuka, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Air panasnya yang bersumber dari gunung Windu sangat banyak dinikmati para wisatawan yang ingin merelaksasikan tubuh mereka setelah lelah bekerja. Pemandian ini menawarkan kepada wisatawan untuk berendam di kolam air panas dengan pemandangan hamparan kebun teh dan hutan di kaki Gunung Wayang-Windu. Sangat cocok sekali jika ingin memanjakan diri sekaligus menikmati alam disekitarnya.

Selain itu objek wisata yang tidak kalah terkenal di Pangalengan ini yaitu danau Situ Cileunca. Danau ini merupakan danau buatan dengan luas mencapai 1.400 hektar dan kedalaman 17 meter dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang sangat indah. Banyak sekali fasilitas dan atraksi yang ditawarkan kepada pengunjung ini yaitu Jembatan Cinta, berkeliling danau dengan perahu dan memetik arbei & jeruk sebagai tambahannya, tidak hanya itu air dari Situ Cileunca dialirkan menuju Sungai Palayangan, dan biasanya sungai ini sangat digemari bagi wisatawan yang ingin mencoba arung jeram. Pada mulanya, sebelum tahun 1918, danau ini merupakan hutan belantara yang kemudian di alih fungsikan menjadi situ dan airnya berfungsi untuk melayani kebutuhan air masyarakat.

situ cileunca

situ cileunca




No comments:

Post a Comment