Post Top Ad

Friday, June 1, 2018

Pertama Kali Naik Kereta Api ? Ikuti 10 Tipsnya Yuk!

Buat kamu yang suka banget traveling dan kali ini berencana menggunakan kereta api, tentunya naik kereta api sangat mengasyikan sekali, apalagi kalau bersama teman-teman atau keluarga. Kalau pergi bareng temen dengan bareng dengan teman yang sudah sangat berpengalaman menggunakan kereta api it's okay, tapi gimana kalau keduanya sama-sama belum berpengalaman? Tenang kok, naik kereta api ga sesulit yang kalian bayangkan. Ikuti tips berikut ini aja,ya!

cara naik kereta api
Sumber: dokumentasi pribadi



  • Usahakan memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk menghindari kehabisan tiket kereta api apalagi kalau musim liburan seperti liburan sekolah, lebaran, natal dll. Saat ini tiket kereta api bisa dipesan H-90 melalui loket stasiun, channel online seperti traveloka dkk, dan aplikasi KAI Access juga.

  • Pesan tiket secara online. Banyak cara untuk bisa memesan tiket tanpa harus datang langsung ke stasiun seperti dulu, sekarang channel online semakin banyak yang bisa memudahkan dalam pemesanana tiket kereta api.

  • Buat perencanaan perjalanan. Tentukan kota asal, kota tujuan, kelas kereta (ekonomi, ekonomi premium, bisnis, eksekutif, priority ) dan jadwal keberangkatan saat akan memesan tiket kereta baik di stasiun maupun secara online.

  • Bawa cemilan pribadi. Perjalanan jauh akan sangat menguras tenaga apalagi kalau naik keretanya entah itu dari Jakarta menuju Surabaya/Malang dan sebaliknya. Tentunya selama di perjalanan, camilan tidak boleh lupa dibawa agar tidak bosan karena bingung pengen makan apa ya hehe....

  • Jangan Lupa Bawa Charger!. Di zaman now seperti ini smartphone memang ga bisa lepas ya, apalagi kalau lagi traveling ga afdol kalau ga selfie lagi 'Otw' ke.... hahaha. Sekarang di setiap kereta api, stopkontak selalu tersedia kok. Jadi jangan takut smartphonemu kehabisan baterai.

  • Bawa Kartu Identitas. KTP, Paspor, Kartu keluarga dan lain-lain merupakan identitas yang bisa kamu bawa salah satunya yang nanti bakal digunakan untuk proses boarding untuk naik kereta yang menjadi tujuanmu.

  • Cetak tiket boarding pass di stasiun. Jika memesan jauh-jauh hari hari biasanya tiket akan berupa lembar biru atau sebuah struk (jika memesan secara online). Tiket tersebut harus dicetak dan ditukar menjadi tiket boarding pass agar kamu bisa melakukan proses boarding di stasiun untuk naik kereta yang kamu tuju.
tiket boarding pass kereta api
Atas: Tiket Saat Memesan, Bawah: Tiket Boarding Pass

  • Datang ke stasiun lebih awal. Untuk menghindari berbagai macam hal entah itu macet saat menuju stasiun,  yang dapat mengakibatkan kamu ketinggalan kereta datanglah lebih awal minimal 1 jam di stasiun asal. Karena saat di stasiun kamu harus mencetak tiket boarding pass yang biasanya pada musim liburan antrean untuk cetak tiket akan panjang. 

  • Periksa kembali tiket dan jadwal keberangkatan. Sesuaikan dengan nama kamu, jadwal keberangkatan, nama kereta api, dan nomor tempat duduk.

  • Jika bingung bertanyalah. Jika mengalami kesulitan cobalah untuk bertanya kepada petugas untuk informasi lebih lanjut.
Naik kereta api itu mudah, santai, dan mengasyikan kan yah meskipun kamu adalah pemula pun pasti bisa naik kereta api tanpa ada hal yang harus dikhawatirkan. Happy Traveling!  :-D

No comments:

Post a Comment