Post Top Ad

Friday, June 1, 2018

Pantai Rancabuaya dan Pantai Santolo, Pantai Indah Berpasir Putih di Jawa Barat

Deretan pantai di kabupaten Garut memang selalu menjadi destinasi wisata pantai terfavorit bagi wisatawan Jawa Barat dan wisatawan yang berasal dari daerah lainnya. Tidak mengherankan bahwa deretan pantai ini selalu menjadi favorit karena keindahan pantainya yang indah dan pasirnya yang putih mempesona yang berada di pantai selatan. Terdapat beberapa deretan pantai indah di kabupaten Garut. Contohnya, Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, Pantai Sayangheulang dll. Tetapi pada post ini hanya dibahas tentang 2 pantai yang cukup terkenal di kabupaten Garut.

1# Pantai Rancabuaya


Akses

Untuk sampai di Rancabuaya akses untuk menuju pantai ini melalui jalur Pangalengan - Rancabuaya. Sekitar kurang lebih 4 jam dari pusat Kota Bandung dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan pribadi. Akses menuju pantai Rancabuaya via Pangalengan menjadi jalur favorit karena kondisi jalannya yang bagus serta pemandangan sepanjang perjalanannya yang begitu mempesona.

pantai rancabuaya
Sumber: dokumentasi pribadi

pantai rancabuaya
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Akomodasi

Sudah terdapat banyak fasilitas yang tersedia di pantai Rancabuaya seperti gazebo, toilet, tempat makan dan lain sebagainya.

Walaupun pantai Rancabuaya sangat indah dengan hamparan pasir putihnya, tetapi karena keadaan pantainya yang penuh dengan batu karang dan ombak yang besar, sehingga pantai ini tidak cocok untuk berenang.

Lokasi Pantai Rancabuaya


2# Pantai Santolo


Akses

Jika kebetulan ingin mengunjungi 2 pantai sekaligus dalam 1 hari, Pantai Santolo bisa menjadi destinasi pantai berikutnya setelah pantai Rancabuaya. Jarak dari pantai Rancabuaya menuju pantai Santolo cukup dekat dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 45 menit melalui Jl. Cilautereun yang mengikuti arah Garut dari pantai Rancabuaya. Kondisi jalan menuju pantai Santolo melalui jalan tersebut sangatlah mulus, namun harus berhati-hati mengingat angin yang berhembus cukup kencang.

pantai santolo


pantai santolo


Akomodasi

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai ini terbilang memadai seperti terdapatnya toilet, masjid, penginapan, tempat makan, penjualan oleh-oleh pun tersedia di sini.

Pantai ini cukup bagus dan bisa digunakan untuk berenang di pantai ini karena garis pantai yang panjang dan luas. Namun, pengunjung tetap harus berhati-hati apabila akan berenang di pantai ini karena ombak pantai ini cukup besar sehingga pengunjung yang membawa anak-anak tetap harus dalam pengawasan.

Peta Lokasi Pantai Santolo


Berikut vlog singkat tentang kedua pantai indah dalam 1 video





No comments:

Post a Comment