Post Top Ad

Wednesday, June 13, 2018

Liburan Hemat dari Bandung ke Yogyakarta ? Bisa! Begini Caranya

Budget sudah mulai menipis, tapi kamu ingin liburan ke Yogyakarta dan berangkat dari Bandung ? Kamu masih bisa menikmati kok menikmati suasana Yogyakarta tanpa harus mengeluarkan budget banyak. 



1# Gunakan Kereta Api Ekonomi

Sekarang kereta ekomoni sudah banyak perubahan dan tentunya lebih baik dari sebelumnya seperti adanya fasilitas AC, stopkontak, toilet bersih dan lain sebagainya. Kalau bertanya dari Bandung ke Yogyakarta bisa naik kereta ekonomi apa, kalian bisa naik kereta api Kahuripan.

Kereta Api Kahuripan ini melayani trayek Bandung (sta. Kiaracondong) hingga Blitar. Tetapi apabila kamu ingin menggunakan kereta api Kahuripan kalian bisa mengatur dari dan tujuan stasiun secara online ataupun membeli tiket di stasiun.

Pesan tiket KA Kahuripan dari Bandung (Kiaracondong) s/d Yogyakarta (Lempuyangan). Untuk sekarang ini tarif KA Kahuripan yaitu Rp 84.000. Jadwal KA Kahuripan berangkat dari stasiun Kiaracondong pukul 18.10 dan Tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 02:40.

Atau alternatif kereta api apabila KA Kahuripan habis bisa menggunakan KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong - Kutoarjo) disambung KA Prameks dari Kutoarjo menuju Yogyakarta
Tarif KA Kutoarjo - Rp 62.000
Tarif KA Prameks - Rp 8000 s/d Rp 15000
Adapun jadwal KA Kutoarjo dari stasiun Kiaracondong pukul 21:00 dan tiba di stasiun Kutoarjo pukul 04:31. Setibanya di Kutoarjo kamu bisa langsung membeli tiket KA Prameks dengan jadwal keberangkatan pukul 06:00 dan 08:35 untuk tujuan Yogyakarta. 

2# Bawa bekal sendiri

Usahakan membawa snack selama perjalanan dari rumah supaya budgetmu tidak habis sebelum tiba di tujuan. 

3# Cari penginapan murah atau Nebeng Sama Kenalan 

Penginapan sudah banyak yang murah di Yogyakarta bahkan pas untuk para backpacker tentunya.
Rekomendasi penginapan murah kamu bisa coba booking di Puri Hotel Jl. Sosrokusuman 22, Yogyakarta. Telp (0274) 514 107. disana kamu bisa mendapatkan tarif hotel sekitar Rp 90.000 s/d Rp 120.000 dengan fasilitas yang cukup nyaman seperti tersedianya kamar mandi luar atau dalam, fan dsb. Apabila kamu punya kenalan, kerabat atau sahabat bisa dimanfaatkan loh rumahnya untuk jadi tebengan, lumayan kan untuk mengurangi pengeluaran selama liburan dan juga kamu punya teman yang bisa jadi Guide kamu selama di Yogyakarta.

4# Gunakan Transportasi Umum

Di Yogyakarta kini Transjogja sudah menjadi transportasi utama bagi warga Yogyakarta maupun wisatawan yang berlibur di Yogyakarta. Tarifnya sangat terjangkah hanya sekitar Rp 3.500 kamu sudah bisa berkeliling kota Yogyakarta tanpa harus tersasar karena jalur sudah tersedia dan bisa dilihat bus mana yang menjadi tujuanmu.

5# Jalan-Jalan Hemat Sekitar Penginapan

Jalan-jalan sekitar penginapan pun bisa kamu manfaatkan loh, terlebih Yogyakarta itu dimana-mana bisa menjadi spot foto yang unik. Contohnya jika kamu menginap di penginapan tidak jauh dari Jl. Malioboro kamu bisa menikmati suasana jl. Malioboro dan sekitarnya dari mulai di selatan yaitu Alun-alun utara kraton, Nol Kilometer Yogyakarta dan utara kamu bisa berjalan sampai ke Tugu Yogyakarta. 

6# Kuliner murah

Yogyakarta terkenal dengan angkringannya. Makan di angkringan selain bisa membuat kamu kenyang juga budget yang dikeluarkan tidak begitu mahal. Tips kalau kulineran usahakan cari tempat makan yang harganya sudah tercantum pada menu yah travelers.

Jika kamu bisa press budget liburan di Yogyakarta selama 2 hari dan tiket kereta api ekonomi pulang pergi budget yang dikeluarkan pun bisa sampai kurang lebih Rp 500.000 saja atau jika bisa lebih murah bahkan lebih bagus. Semoga tips di atas bisa menjadi referensi buat liburan hemat selama di Yogyakarta. Selamat Berlibur!

No comments:

Post a Comment