Post Top Ad

Thursday, May 17, 2018

Ga Perlu Takut Jadi Solo Traveler, Malah Asyik Loh !

Solo Traveler

Saya adalah seorang traveler dan saya suka jalan-jalan kemanapun ke tempat yang saya sukai, traveling adalah kegemaranku dan juga hobiku untuk mendapatkan pengalaman hidup. Tidak masalah jika saya ingin bepergian dengan temanku atau bahkan hanya menjadi Solo Traveler.

Saya mulai menjadi seorang solo traveler ketika saya mengajak temanku untuk berlibur denganku, tetapi kadang-kadang temanku selalu membatalkan liburannya karena uang, “aku pikir kita sudah membicarakan tentang itu sebelum liburan, kita harus menabung jika kamu ingin pergi ke suatu tempat dan menyiapkannya” jadi saya mengatakan itu dan juga tidak memiliki banyak waktu untuk liburan karena kesibukannya, ok saya mengerti. Terkadang ini membuat perencanaan saya menjadi kacau jika seseorang tiba-tiba membatalkan rencananya dengan alasan yang tidak begitu dimengerti. Jadi, saya sudah putuskan akan berlibur sendiri.

Waktu pertama kali, kadang-kadang saya merasa bosan ketika saya mengambil liburan saya sendiri, tidak ada teman untuk berbicara dengan saya, tidak ada yang membantuku mengambilkan gambar, ok ini adalah pertama kali saya menjadi solo traveler. Tetapi ini akan menjadi kebiasaan.

Suatu hari saya pergi ke pantai Santolo dengan sepeda motorku, tentu saja saya pergi ke pantai Santolo sendirian. Tidak ada perencanaan yang baik, mencari jalan di google maps, mengecek uangku dan saya siap berangkat pada pukul 10 pagi dari Bandung. Membutuhkan waktu 6 jam perjalanan sampai akhirnya saya sampai di pantai Santolo. Sebelumnya saya merasa khawatir, tetapi saya percaya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selama di perjalanan menuju pantai, saya melihat bagaimana indahnya pemandangan. Sangat eksotis, melewati kebun teh, perbukitan dan desa hingga semua ketakutanku pergi, bagaimanapun ini adalah momen yang tidak bisa terlupakan. 5 jam pun sudah terlewat dan akhirnya saya pun tiba di pantai Rancabuaya, saya memutuskan untu beristirahat di sini. Melihat lautan membuat saya rileks, Saya tidak percaya kalau saya sudah sampai di sini dengan tanpa perencanaan penuh dan waktu yang terbatas, Tetapi ini adalah momen yang tak terlupakan. 30 menit sudah dan waktunya saya melanjutkan perjalanan menuju pantai Santolo sekitar 45 menit dari Rancabuaya. Menembus kencangnya angin dan tidak terasa 45 menit berlalu akhirnya saya sampai di pantai Santolo. Lagi, saya merasa rileks melihat lautan setelah menempuh perjalanan yang panjang. Ketika saya sedang menikmati pantai ini, beberapa pengunjung lain bertanya kepada saya tentang darimana asalnya,dan dengan siapa kemari. Saya pun menjawabnya, “saya datang dari Bandung dan saya tidak dengan siapa pun.”. Mereka pun terkejut dan mengatakan “Hebatnya!” Ya, karena saya ingin mencoba bagaimana rasanya menjadi seorang solo traveler. Tidak perlu khawatir dan ini sudah menjadi kebiasaanku.

Lalu apa yang manfaat yang didapat ketika kamu menjadi seorang Solo Traveler ?

Tentu banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan loh!

Pertama, kamu bebas melakukan apapun. Beneran kalau lagi traveling sendirian kamu ngga akan mendengar yang namanya perbedaan pendapat antara "Aku ingin kesini ah, engga mau ah kesana jauh, panas" hmmm pasti bikin gimana gitu yah kalau udah berdebat seperti itu. Kita kan mau liburan bukan untuk berdebat hehehe. Intinya kamu bisa secara fleksibel kemana pun kapan pun sesuai dengan keinginanmu.

Kedua, mengenal orang baru. Saat traveling sendirian, mau ngga mau kamu pasti bakal mengenal orang-orang baru di sekitarmu. Percaya atau tidak kalau kamu ingin minta difotoin di suatu tempat pastinya kamu bakal minta seseorang untuk memotomu iya kan. Bisa juga kalau kamu sedang bingung mencari alamat penginapan, sudah pasti kamu akan bertanya dan berinteraksi dengan orang sekitar.

Ketiga, ME TIME. Solo Traveling bisa memberikan kamu banyak waktu untuk dirimu sendiri, mengenal dirimu bahkan bagaimana survive ketika di suatu tempat yang sebelumnya kamu belum ketahui dan belum pernah dikunjungi.

Dari ketiga manfaat di atas, banyak juga ya manfaat ketika menjadi Solo Traveler. Tapi perlu kamu ketahui kalau jadi Solo Traveler semua rencana yang kamu buat harus benar-benar tersusun, kalau tidak kamu bakal kebingungan mau kemana dan kemana yang ujungnya malah berdiam diri di penginapan kan ngga asik banget kalau ngga eksplor selagi kamu punya waktu banyak dan fleksibel.

Intinya ngga perlu khawatir menjadi Solo Traveler, yang penting rencana, mental dan kondisimu sudah benar-benar siap. Kalau berdasarkan pengalamanku selama traveling, lebih banyak menjadi Solo Traveler dibanding bersama teman dan keluarga pokoknya feelfree!. Selamat Berpetualang!