Post Top Ad

Sunday, May 27, 2018

Telusur Kota Cimahi

Hai. Sahabat traveler, ada yang udah pernah jalan-jalan di sekitaran kota Cimahi ? Kalau belum kenapa tidak coba jalan-jalan di kota yang berada di tengah-tengah Bandung ini. Awal puasa kemarin, kebetulan lagi mau ngabuburit sambil eksplorasi di kota kelahiranku sendiri yaitu Cimahi. Banyak yang bisa kita lakukan dan kita ketahui di kota kecil ini tapi banyak menyimpan sejarah loh traveler. Langsung saja kita mulai dari pertama yaitu: 

1# Lapang Tembak
lapang tembak cimahi

Salah satu spot estetik yang dilatar belakangi dengan bukit yang disebut 'Gunung Bohong', sebenarnya tempat ini merupakan area latihan tembak bagi para tentara, tetapi bisa saja jalan-jalan di sekitar sini sambil menikmati sore sembari ngabuburit dan tempat ini juga menjadi salah satu favorit warga sekitar untuk berjalan-jalan santai juga.

Untuk lokasinya bisa dilihat di google maps 



2# The Historich

the historich cimahi


Bangunan bersejarah di Kota cimahi yang bernama 'The Historich' pada masa kini. Pada masa kolonial Belanda dulu namanya 'Societeit Militaire' sebagai tempat pertemuan dan penyelenggaraan acara pesta dansa para perwira Belanda. Di era kemerdekaan gedunung ini bernama 'Balai Pradjoerit' kemudian berganti nama menjadi 'Gedung Sudirman' dan gedung ini juga sempat menjadi gedung DPRD Cimahi sementara. Kalau dilihat arsitektur gedungnya benar-benar memiliki kekhasan bangunan Eropa ya....

3# Stasiun Cimahi
stasiun cimahi

Stasiun Cimahi yang dulu merupakan sebuah stasiun yang dibangun untuk memfasilitasi tentara di kolonial Belanda yang menjadi pusat kemiliteran pada masa itu. Sekarang menjadi sebuah stasiun yang ramai oleh penumpang kereta api yang naik dan turun di stasiun ini. Stasiun Cimahi pun merupakan salah satu cagar budaya yang berada di kota Cimahi karena bangungannya yang sudah berdiri sejak kolonial Belanda.

4# Pura Agung Wira Loka Natha

pura agung wira loka natha cimahi

Ini dia salah satu pura terbesar yang ada di kota Cimahi, jaraknya sangat strategis dengan jalan raya sriwijaya dan stasiun Cimahi. Pura ini selalu ramai bagi masyarkat yang memeluk agama Hindu baik di Cimahi dan sekitarnya. Kalau sedang purnama, pura ini ramai oleh jemaat yang akan beribadah di pura ini.

5# Taman Kartini

taman kartini cimahi

Yang terakhir dari post pertama tentang telusur kota Cimahi yaitu taman dengan pepohonan yang rindang yang selalu dinikmati warga Cimahi jika ingin bersantai sejenak di sebuah taman. Taman Kartini, taman kartini ini pun lokasinya sangat dekat dengan stasiun Cimahi. Jika waktu sekolah telah selesai biasanya banyak sekali murid-murid yang sekedar nongkrong di taman ini.

No comments:

Post a Comment