Post Top Ad

Friday, May 11, 2018

Suka Seni ? Ga Afdol Kalau Belum ke Galeri Nasional Indonesia Loh!

Menikmati karya-karya seni hebat di Indonesia ini memang tidak ada batasnya. Apalagi kalau kamu adalah seorang penikmat seni yang selalu mencari karya-karya hebat dari seniman di Indonesia mulai dari seni , seni kontemporer dan lain sebagainya.



Di Jakarta, tepatnya di Jakarta Pusat dekat dengan stasiun Gambir, ada sebuah museum galeri yang menampilkan banyak sekali karya seni dari para seniman hebat yang berasal dari Indonesia bahkan dunia. Tentu saja, pasti galeri ini pas buat kamu yang suka sekali dengan karya-karya seni apalagi kalau karya seni tersebut diciptakan oleh seniman-seniman hebat. Galeri Nasional Indonesia (GNI) adalah 'rumah' bagi karya-karya seni rupa terbaik nusantara dan mancanegara. Koleksi-koleksi terbaik GNI dapat dinikmati oleh publik melalui sebuah pameran tetap, yang sejak 2015 terwujud dalam konsep baru melalui penataan karya dan ruang yang informatif dan interaktif. Dalam galeri ini kamu akan diajak untuk melintasi sejarah seni di negeri ini, dari era perintisan seni rupa modern Indonesia, Mooi Indie, Persagi, sanggar seni, hingga seni rupa kontemporer. Menghadirkan karya dari berbagai praktik seni yang terdiri dari seni lukis, seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni video, hingga seni media dan dipamerkan melalui berbagai medium agar pengunjung dapat memahami karya seni yang ditampilkan dengan mudah.

Di dalam Galeri Nasional Indonesia, di bagian Raden Saleh Sjarif Bustaman contohnya banyak sekali seni-seni hebat yang dipamerkan dalam satu ruangan tersebut salah satunya adalah lukisan seperti gambar berikut


Potret Adolphe Jean Phillippe Hubert Desire Bosch 1814-1873 (1867)
Ada juga karya seni patung di sekitar Mooi Indie dan Persagi



Ini dia alamatnya, barangkali bisa dicari di dalam Google Maps apabila bingung mencari lokasi yang tepat untuk sampai di Galeri ini.

Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, RT.6/RW.1, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110




galeri nasional indonesia


galeri nasional indonesia


Setelah memasuki area Galeri Nasional Indonesia, tidak perlu khawatir akan tersesat, karena tempat ini sudah disediakan denah untuk mencari gedung yang akan kalian tuju



Sebelum memasuki gedung, ada baiknya berswafoto dulu dengan lukisan-lukisan di tembok yang hasilnya benar-benar pas untuk mengisi Instagram kalian loh!


galeri nasional indonesia



menarik bukan lukisan di dinding tersebut? Semuanya karya anak bangsa loh! 

Setelah berswafoto, langsung saja masuk ke dalam gedung tempat dimana pameran seni permanen dipajang. Untuk masuk ke dalam gedung tidak perlu membayar apapun, karena bagi pengunjung Galeri Nasional Indonesia ini semuanya Gratis masuk! Wah, dengan begitu menikmati karya seni semakin puas bukan?

Tapi sebelumnya ada peraturan yang harus kalian ikuti. Yang mungkin akan dijelaskan saat pertama kali masuk ke dalam gedung.

Mungkin ini peraturan yang saya dengar, ketika mengunjungi Galeri ini.

Pertama, barang bawaan kecuali handphone dan kamera harus dititipkan ketika masuk ke dalam area gedung

Kedua, dilarang membawa makanan dan minuman. Tentu saja ini untuk menghindari kotornya area gedung dan karya-karya seni yang dipajang.

Ketiga, mengisi daftar pengunjung.

Keempat, tidak diperkenankan menyentuh pajangan, berduduk di lantai atau berjongkok pun tidak boleh.

Setelah mengetahui semua peraturan tersebut, langsung saja mari kita nikmati karya-karya seni di dalamnya.






Di atas baru beberapa karya seni yang diciptakan oleh para seniman hebat! Dan masih banyak lainnya. Yuk! ke Galeri Nasional Indonesia.

Website : www.galeri-nasional.or.id

Jam buka Galeri Nasional Indonesia. 

Sabtu - 09.00–16.00
Minggu - 09.00–16.00
Senin - Tutup
Selasa - 09.00–16.00
Rabu - 09.00–16.00
Kamis - 09.00–16.00
Jumat - 09.00–16.00

2 comments:

  1. weh sebelah mana itu mas galerinya? aku malah belum tahu lho...sama kayak museum di kota tua gak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. depan stasiun Gambir banget mas, di jalan medan merdeka timurnya. 11,12 kira-kira sama museum di kota tua tapi lebih kaya ke exhibition gitu kalau ke galeri ini mas

      Delete