Post Top Ad

Thursday, May 3, 2018

Kentalnya Budaya Jawa di Kota Gede, Yogyakarta yang Khas

Yogyakarta. Sebuah kota yang istimewa bagi para pecintanya. Salah satunya saya. Bagaimana tidak ? budayanya yang kental, orangnya yang ramah, makanannya enak, dan suasananya bikin kangen membuat Yogyakarta selalu dirindukan #ciee. 

Mengingat tentang budaya Jawa, pasti teringat tentang kawasan Kota Gede. Ya, kawasan itu begitu banyak peninggalan kekhasan Jawa yang masih sangat terawat bahkan menjadi salah satu warisan cagar budaya. Untuk sampai ke Kota Gede dari Malioboro sangat mudah sekali dijangkau, bisa naik Trans Jogja, atau pun kendaraan lainnya. Rekomendasi saya sih, naik Trans Jogja lebih hemat juga bisa lebih santai sambil melihat-lihat kota Jogja dan sekitarnya.

Ada apa sih di Kota Gede ? Mungkin bakal bertanya-tanya tentang kawasan wisata ini. Kawasan ini terkenal dengan kerajinan peraknya loh! Jika kalian sedang menuju Kota Gede dan sudah mulai banyak terlihat tempat-tempat pengrajin perak tandanya sih sebentar lagi sampai di Kota Gede. Selain kerajinan perak, ada banyak tempat yang tidak kalah hits dari tempat-tempat instagramable yang lagi kekinian. Ya, ada satu rumah peninggalan zaman Belanda dulu yang sekarang masih sangat terawat bahkan menjadi cagar budaya, bahkan rumah itu masih disinggahi warga. Waktu itu mau berfoto, ada orang yang mengetuk pintu, kukira itu orang penting yang berkunjung tapi sepertinya dia salah seorang yang tinggal di rumah itu. Penasaran rumahnya kaya gimana  ? Saya sempat berfoto dari tampak luar saja, mungkin bagi para traveler sudah tidak asing lagi melihatnya.

kota gede yogyakarta


Desain dan arsitektur yang kental dengan khas Jawanya memang benar, Kota Gede itu seperti kawasan budaya yang masih sangat kental lebih lagi jalan menuju tempat pada foto di atas itu merupakan gang yang cukup sunyi, ibarat sedang pulang ke rumah gitu walaupun saya bukan orang asli Yogyakarta, benar-benar dirindukan sekali suasananya. Jika mencoba terus jalan masuk ke gang itu, banyak sekali petunjuk untuk mengarah ke rumah-rumah Joglo (rumah adat Jawa) yang ditujukan untuk para wisatawan bagi yang penikmat budaya. Memang daerah ini banyak sekali cagar budayanya.

Perjalanan di Kota Gede tidak sampai di sini, cobalah untuk mencari masjid besar Mataram di Kota Gede ini. Rekomendasi juga bagi para penikmat budaya dan sejarah begitu. Langsung saja, masjid besar Mataram ini awalnya saya melihat pertama kali itu adalah sebuah pura karena gerbang masuk masjid ini benar-benar didesign seperti pura layaknya di Bali. Namun ternyata jika masuk ke dalamnya, benar sekali itu adalah sebuah masjid besar.

masjid besar mataram kota gede
Gerbang Masuk Masjid Besar Mataram, Kotagede

Setelah melewati gerbang masuk masjid tersebut barulah, nampak wujud sebuah masjid, dilihat dari tulisan arabnya.

masjid besar mataram kota gede
Masjid Besar Mataram
Terbukti memang, banyak sekali peninggalan budaya yang terdapat di kawasan wisata Kota Gede ini. Mulai dari budaya, sejarah dan cagar budayanya. Sudah sepatutnya semua itu harus tetap dirawat karena merupakan peninggalan sejarah yang terdapat di kawasan ini. Selain bangunan di atas masih banyak lagi bangunan-bangunan bersejarah yang terdapat di Kota Gede. Semoga dapat menjadi rekomendasi buat kalian yang ingin merasakan berfoto dengan bangunan yang masih kental dengan budaya Jawanya.

No comments:

Post a Comment